Sukses

Tips Bersihkan Dapur agar Tak Muncul Bau Tak Sedap Seisi Rumah

Liputan6.com, Jakarta Setiap rumah memiliki aroma yang unik. Beberapa rumah memiliki aroma yang lebih sedap daripada rumah lainnya.

Meskipun sulit untuk mencegah bau dari hari ke hari, akibat rumah berantakan karena si kecil atau hewan peliharaan Anda mengacak-acak hasil seni Anda, kasur yang apek, dan tempat sampah yang meluap. Namun ada sejumlah cara untuk membuat rumah Anda harum.

Daripada membuang banyak lilin aroma dan diffuser, mulailah dari hal yang paling mudah. Misalnya membuang sampah yang bau. Kemudian lanjut ke daftar selanjutnya.

Berikut ini tips untuk miliki rumah yang sehat nan harum, dilansir dari Goodhousekeeping.

1. Bersihkan tempat pembuangan sampah

Ada aroma tidak sedap di dapur? Cobalah periksa wastafelnya. "Untuk menghilangkan bau di tempat pembuangan sampah Anda, semprotkan sedikit sabun cuci piring beraroma lemon ke dalam tempat pembuangan, alirkan air, lalu nyalakan," kata desainer interior Keita Turner.

Anda juga bisa membuang kulit lemon atau jeruk nipis ke pembuangan, diikuti dengan banyak air. Jika masih bau, tuangkan 1/2 cangkir soda kue ke tempat pembuangan sampah sambil mengalirkan air hangat.

2. Bersihkan karpet dan keset

Tidak seperti lantai ubin dan kayu, sayangnya karpet dan keset bisa menyerap bau, terutama setelah tumpahan makanan dan kotoran hewan yang tak terhitung jumlahnya.

Taburkan soda kue di seluruh karpet (bukan hanya di area yang bermasalah), dan diamkan selama beberapa jam sebelum menyedot debu. Metode yang sama berlaku untuk tempat tidur dan kasur hewan peliharaan.

3. Rapikan tempat sampah

Tidak mengherankan jika kombinasi bau dari sisa makanan dan sampah menciptakan bau tak sedap. Saat membersihkan dapur secara mendalam, taburkan soda kue di tempat sampah atau gunakan kamper atau kantong penghilang bau di bawah tempat sampah. Akhiri dengan semprotan desinfektan, seperti lysol, untuk membunuh bakteri yang tersisa.

 

2 dari 3 halaman

4. Rebus tanaman herbal dan buah di atas kompor

"Saya mempelajarinya dari ibu saya yang kreatif dan terobsesi dengan bersih-bersih. Rebus air dalam panci kecil dan tambahkan irisan jeruk dan herba, seperti lavender atau mint," kata desainer interior Rhobin DelaCruz.

Panas merembes ke dalam wangi manis di seluruh rumah Anda, dan dapat dengan mudah disesuaikan tergantung pada bahan apa yang Anda miliki di rumah.

5. Sebarkan lilin aroma ke seluruh rumah

Lilin adalah cara yang paling jelas dalam mengisi rumah Anda dengan aroma yang anda sukai, tetapi penempatan yang strategis dapat meningkatkan efisiensinya.

"Taruh beberapa lilin di tempat yang paling tidak Anda harapkan, tapi jangan menyalakannya. Cobalah lemari linen, atau di mana pun kain tersimpan dan dapat menyerap aromanya.

Anda tidak akan hanya terkejut senang setiap kali membuka pintu, tetapi seprai Anda akan membawa aromanya kemana pun Anda menggunakannya."

6. Bawa tanaman ke dalam ruangan

"Tanaman dalam ruangan membersihkan udara sekaligus mempercantik rumah Anda secara instan," kata Turner. Ada banyak tanaman, termasuk melati, eucalyptus, dan gardenia, yang menawarkan wewangian yang menyenangkan. Pastikan Anda siap merawat mereka.

7. Segarkan ventilasi udara

"Jepitkan pewangi mobil ke bilah ventilasi. Saat udara berhembus, baunya akan menyebar ke seluruh ruangan," kata DelaCruz. Sehingga Anda bisa memberi seluruh ruangan aroma yang seragam dalam satu langkah.

8. Hilangkan bau dengan dryer sheet (lembar pengering)

"Letakkan beberapa lembar pengering di lemari, meja rias, atau ruang kecil lainnya," kata DelaCruz. Ini memberi segala aroma segar setelah dicuci bahkan jika disimpan selama berbulan-bulan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: