Sukses

8 Tips Agar Anak Senang Belajar Meski dari Rumah

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat anak-anak harus belajar dari rumah dan melihat layar gawai saat kelas sedang dimulai.

Tidak sedikit orang tua yang merasa keberatan untuk anaknya bersekolah di rumah karena menerapkan sistem homeschooling.

Banyak juga yang merasa kesulitan karena tidak memiliki persiapan dan bingung dengan sistem pembelajaran yang baru.

Sehingga bukan hanya anak yang belajar hal baru untuk bersekolah selama pandemi tetapi orang tua juga belajar hal baru untuk tetap mengawasi dan menjelaskan kepada anaknya.

Tentunya tidak mudah dan membutuhkan waktu untuk mengajarkan anak tetap duduk, menyimak dan fokus kepada layar gawai di mana gurunya sedang menjelaskan pelajaran.

Bagi Anda orang tua yang masih bingung bagaimana tips agar anak mau mengikuti pelajaran sekolah meskipun belajar dari rumah? Melansir dari yourtango, Sabtu (4/09/2020) berikut tips yang bisa Anda ikuti.

1. Baca kurikulum sains

Tanyakan mengenai kurikulum jika tersedia. Anda akan daapt menemukan “laboratorium” yang menarik dan interaktif yang dapat Anda dan anak lakukan di rumah. Pastikan anak Anda yang melakukan sebagian besar pekerjaan sains yang ingin kalian kerjakan.

2. Habiskan waktu di alam

Ada banyak pembelajaran yang bisa anak Anda lakukan di alam. Tergantung pada usia anak. Anda dapat menghitung benda atau menggunakan batu dan tongkat untuk mengerjakan matematika. Selain itu juga bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis tugas di alam.

 

 

2 dari 2 halaman

Tips selanjutnya

 

3. Mainkan game

Ada banyak permainan yang dapat anda mainkan untuk menggambarkan konsep yang dipelajari anak-anak. Beberapa diantaranya dapat dibeli atau berasal dari pikiran Anda sendiri. Seperti mengajarkan angka, huruf, warna, ejaan, dan masih banyak lagi.

4. Gunakan TV dengan cerdas

Selama waktu sekolah, Anda dapat menggunakan program TV yang sesuai dengan kurikulum sehingga mereka akan belajar lebih banyak.

Selain itu juga bisa dalam Bahasa Inggris untuk membantu menambah kosa kata dalam Bahasa asing.

5. Sertakan seni

Anda dapat melakukan proyek kreatif atau menyanyikan lagu-lagu daerah. Banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai referensi pembelajaran di rumah.

6. Ingat latihan fisik

Anak-anak perlu menjauh dari layar dan melakukan sesuatu yang bersifat fisik setiap harinya. Anda dapat memilih beragam aktivitas mulai dari bersepeda, lari, jalan kaki, dan masih banyak lagi.

7. Makan siang adalah kesempatan belajar

Jika anak Anda tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sekolah, Anda dapat menggunaakn waktu makan siang untuk belajar. Belajar mengenai nutrisi, penganggaran, memasak dan pembersihan. Ada banyak keterampilan yang dapat dibongkar saat makan siang.

8. Istirahat

Anda mungkin belajar banyak dengan anak-anak sehingga akan senang mengenal mereka lebih baik daripada sebelumnya. Tetapi tentunya Anda membutuhkan waktu untuk istirahat santai sejenak.

 

Reporter: Tasya Stevany