Sukses

Tips Buat PIN dan Password Paling Aman Sedunia

Liputan6.com, Jakarta Kini segala kebutuhan Anda bisa dibayarkan melalui e-money, entah dengan m-banking, Go-Pay, Ovo, Dana, Jenius, dan sebagainya. Namun, untuk menghindari penyalahgunaan uang oleh orang tak dikenal maka diberi proteksi harus memasukkan pin setiap membayar atau transfer uang.

Personal identification number (PIN) atau nomor identifikasi pribadi merupakan angka sandi rahasia antara pengguna dan sistem yang dapat digunakan untuk otentikasi pengguna ke sistem. PIN adalah kode numerik yang biasa digunakan di banyak transaksi finansial elektronik.

Namun, para peneliti di perusahaan analisis data, DataGenetics meneliti database 3,4 juta kata sandi yang dicuri dan menemukan beberapa statistik yang mengejutkan.

Kombinasi Pin yang paling mudah diretas

Dilansir dari Reader's Digest, peluang seorang peretas untuk menebak secara acak angka yang benar adalah satu banding 10.000 (bagi pin 4 digit). Jika ia memiliki tiga percobaan, peluang meningkat menjadi satu dari 3.333. Terlebih jika PIN Anda adalah tanggal lahir Anda, setahun di tahun 1900-an, atau urutan numerik yang jelas, peluangnya pun semakin bertambah.

Menurut DataGenetics, terdapat beberapa PIN yang paling mudah ditebak. Beberapa diantaranya, terdapat tiga kombinasi 4 digit paling populer atau paling sering digunakan banyak orang, yaitu 1234, 1111, dan 0000. Yaitu sebanyak hampir 20 persen pengguna memilih kombinasi ini.

Setiap kombinasi empat digit yang dimulai dengan 19 merupakan kombinasi populer berikutnya. Kombinasi bulan / hari, dengan dua digit pertama antara 01 dan 12 dan dua terakhir antara 01 hingga 31, merupakan yang paling populer.

Jadi memilih ulang tahun atau tahun kelahiran Anda untuk kata sandi Anda, secara signifikan lebih mudah ditebak. Bahkan beberapa peretas terkenal bisa tahu kata sandi dari nama peliharaannya.

 

2 dari 2 halaman

Pin yang aman dari peretas

Anda bisa memilih kombinasi acak agar aman dari peretas. Misalnya kombinasi acak yang sama sekali tidak ada artinya atau tidak berhubungan dengan Anda. Atau pola yang tidak berupa pengulangan angka akan lebih aman.

"Secara statistik, 8068 adalah PIN teraman. Angka bagus lainnya adalah 7637, 6835, dan 9629," kata Tyler Moffitt, senior analisis riset di Webroot. Namun semua angka tersebut karena mereka tidak mengikuti pola, bukan tanggal, atau pengulangan angka, atau kolom tombol, seperti 2580.

DataGenetics menemukan bahwa kombinasi 2580 adalah PIN paling populer ke-22 (kemungkinan besar karena keempat angka tersebut muncul dalam satu kolom dari atas ke bawah pada ponsel atau tombol ATM), sehingga orang lebih suka angka genap menjadi ganjil (2468 peringkat lebih tinggi daripada 1357), dan kata sandi yang jauh lebih banyak dimulai dengan 1 daripada nomor lainnya.

Pin Terbaik dan Teraman

Dengan semakin cerdasnya peretas dan semakin canggihnya teknologi saat ini, Jamie Cambell, PhD (seorang analis cybersecurity) bersama Gabe Turner (direktur konten di Security Baron) memberi solusi cerdas.

1. Pilih tanggal yang tidak jelas seperti saat ciuman pertama Anda atau waktu (bukan tanggal) saat Anda dilahirkan.

2. Gunakan ulang tahun teman dekat, tanggal liburan favorit Anda, atau waktu saat ini.

Kata sandi apa pun yang Anda gunakan, ubah PIN Anda secara berkala, terutama ketika Anda menemukan adanya pelanggaran data. Sebagian besar bank bisa melakukan penggantian pin langsung di ATM.

Jika Anda telah melakukan saran di atas, maka pin Anda lebih aman. Namun, jika 10 kali menggesek kartu debit juga bisa membahayakan uang Anda.