Sukses

6 Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan

Ayo berpikir positif demi menjaga kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Keuntungan berpikir positif tidak hanya akan terbatas pada kinerja yang lebih baik di tempat kerja. Pemikiran positif juga akan meningkatkan tingkat kesehatan dengan mengurangi stres.

Kemudian meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan membuat seseorang lebih siap untuk menghadapi masalah yang akan dihadapi. Berikut beberapa manfaatnya, seperti mengutip laman Magforwoman:

1. Terhindar dari depresi jangka panjang

Orang-orang yang memasukkan kebiasaan berpikir positif dalam kehidupan sehari-harinya akan dianggap lebih kecil kemungkinan menderita serangan depresi dalam jangka panjang.

Ini karena faktanya bahwa berpikir positif memungkinkan seseorang untuk melihat sisi yang lebih cerah dari situasi apa pun dan tidak menjadikan orang mudah menyerah pada peristiwa apapun.

2. Rendahnya stres dan ketegangan

Stres dapat meningkat karena berbagai alasan dalam hidup. Ini terjadi karena masalah tekanan di tempat kerja, tantangan akademis atau masalah pribadi lainnya.

Namun, selalu ada beberapa solusi yang tersedia di hampir setiap situasi kehidupan. Yang perlu dilakukan adalah berpikir positif dan proaktif.

Ini adalah alasan mengapa orang yang selalu berpikir positif dapat menghadapi tingkat stres yang lebih rendah karena mereka secara alami menemukan jalan keluar dari situasi sulit tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Berpikir positif membantu seseorang melawan penyakit

 

Kamu mungkin merasa sulit untuk pulih dari segala jenis penyakit jika kamu berpikir hal negatif yang mengira bahwa pemulihan tidak dapat dilakukan.

Tetapi di sisi lain, jika kamu berpikir positif dan terus mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu akan pulih cepat, maka pikiran dan tubuhmu akan bekerja selaras dengan apa yang kamu pikirkan untuk membantu tubuhmu untuk segera pulih.

4. Stabilitas kesehatan mental lebih baik

Kesehatan mental mencakup berbagai dimensi termasuk kesejahteraan emosional, perspektif sosial, keseimbangan psikologis, dan pandangan keseluruhan terhadap kehidupan.

Orang-orang yang berpikir positif tidak rentan terhadap perubahan drastis dalam perilaku mental. Ini memberikan stabilitas pada kesehatan mental mereka dan membuat mereka tidak rentan teradap gangguan mental seperti kecemasan atau skizofrenia.

5. Berpikir positif meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan

Berpikir positif sangat penting dalam keseluruhan kualitas hidup seseorang. Dengan bersikap positif, seseorang akan berharap untuk menanamkan kebiasaan baik yang dapat meningkatkan kesehatan.

Ini termasuk diet yang sehat, berolahraga, istirahat yang cukup dan menghindari merokok yang merusak kesehatanmu. Di sisi lain, seseorang dengan pemikiran pesimis dapat dengan mudah menyerah pada kejahatan termasuk makan terlalu banyak junk food yang mengarah pada obesitas, alkohol, bahkan obat-obatan terlarang.

6. Berumur panjang

Para peneliti dan ahli menyarankan bahwa berpikir positif akan berdampak pada penurunan tekanan darah. Efek langsungnya akan meredakan stress, bahkan mengurangi risiko masalah kardiovaskular. Ini dikombinasikan dengan semua manfaat di atas yang bekerja sama untuk meningkatkan rentang hidup.

 

Reporter : Helena Yupita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini