Sukses

5 Langkah Dasar Saat Mengelola Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Mengelola keuangan merupakan hal yang sulit bagi kebanyakan orang. Namun, dalam proses belajar, justru dapat mendidik diri sendiri tentang pengelolaan keuangan secara bertanggungjawab. Ini juga demi menghindari potensi kesalahan yang membutuhkan waktu lama.

Mempelajari cara mengelola keuangan sejak dini merupakan bagian penting dari pendidikan keuangan yang nantinya akan membimbingmu ke jalan menuju masa depan keuangan yang sehat.

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat membantumu mengelola keuangan, seperti mengutip magforwoman:

1. Buka rekening bank

Ini memang tampang sangat jelas, namun jika kamu tidak memilikinya, kamu akan kesulitan mengelola keuangan sendiri.

Mulailah dengan rekening giro dan tabungan. Memiliki rekening bank dapat sangat membantumu dalam hal menabung.

2. Tetapkan tujuan keuangan

Menetapkan tujuan keuangan adalah pilihan yang cerdas dan sangat bisa bermanfaat. Ketika kamu berkeliaran tanpa arah, setidaknya kamu memiliki sesuatu untuk diperjuangkan dan jalan yang jelas untuk sampai ke sana.

Untuk menetapkan tujuan finansial, tentukan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan hidupmu. Tuliskan dan beri highlight untuk membantumu mencapainya.

Prioritaskan finansial untuk tujuan hidupmu. Jangan lupa bahwa kamu harus berpikir realistis ketika menetapkan keuangan.

3. Buat anggaran

Membuat dan mengikuti anggaran realistis akan membantumu menghindari melakukan pembelian yang tidak mampu kamu lakukan yang akhirnya berujung pada peminjaman yang gagal dibayar. 

Kesalahan ini dapat merusak riwayt kredit kamu dan kerena itu kemampuan untuk membeli barang-barang berharga yang kamu inginkan bisa saja batal.

 

2 dari 2 halaman

4. Memaksa Menabung

Menghasilkan uang dan membelanjakannya memang hal biasa. Namun, menabung dapat membantumu mencapai banyak tujuan finansial yang sudah dirancang.

Coba lah setiap gajian, setorkan uang dalam jumlah tertentu secara otomatis ke “rekening dana darurat” yang dimiliki.

Mulai dari hal kecil tidak masalah. Nantinya tabunganmu akan meningkat jumlahnya di masa mendatang. Hal ini akan mencegah menghabiskan uang ekstra untuk pembelian yang tidak perlu dan yang akan mengganggu pencapaian tujuan keuangan.

Ketika kamu menyimpan uang dengan menabung di bank maka ingatlah untuk melakukannya dalam akun yang menghasilkan bunga.

5. Habiskan dengan bertanggungjawab

Pembelian kecil benar-benar bisa bertambah. Cobalah untuk meminimalisir jenis biaya tersebut maka kamu tidak hanya akan menghemat uang namun juga akan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

6. Jangan banyak berutang

Jika kamu kepepet meminjam uang kepada teman, maka pastikan pinjaman tersebut sesuai dengan kemampuan. Ini agar pada saat jatuh tempo pengembalian, kamu dapat dengan ringan mengembalikan uang pinjaman tersebut.

 

Reporter : Helena Yupita

Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Uang Tidak Cepat Habis, Milenial Wajib Lakukan 6 Hal ini
Artikel Selanjutnya
Demi Belajar Berbisnis, Lulusan Harvard Ini Bekerja Jadi Pelayan di Starbucks