Sukses

5 Mainan yang Membantu Meningkatkan Kemampuan Anak

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak berkembang paling pesat selama enam tahun pertama hidupnya. Jumlah perkembangan yang terjadi sangat berdampak pada tahun-tahun mendatang.

Para psikolog mengatakan bahwa mainan memainkan peran penting dalam membantu anak mempelajari hal-hal baru.

 

2 dari 2 halaman

Jenis Mainan yang Baik Untuk Anak

Berikut adalah beberapa mainan yang membantu anak selama tahun-tahun pertumbuhan utama.

1. Mainan Lunak

Anak-anak memiliki kecenderungan menganggap mainannya sebagai benda hidup. Mereka menganggap mainan lunak sebagai teman mereka dan mereka akan mulai berbicara dengan mainan itu.

Ini adalah cara terbaik untuk mempersiapkan mereka berinteraksi dengan manusia di lain waktu. Saat ini, tersedia mainan lunak selain boneka beruang teddy. Banyak binatang seperti panda, monyet, harimau, penguin dan anjing datang sebagai mainan lunak.

2. Blok Bangunan (Lego)

Ingin menjadikan anak Anda seorang arsitek? Yah, masih terlalu dini untuk memutuskan itu, tetapi membangun blok bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak.

Pertama-tama mulailah dengan balok-balok besar dan ketika anak mulai tumbuh, belilah yang lebih kecil dan akan membantu anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. Merakit balok dan menciptakan hal-hal yang memiliki makna sendiri juga membantu meningkatkan keterampilan kognitif.

3. Balls

Ini akan membantu anak mengembangkan keterampilan motorik kasar mereka. Setelah mereka dapat menangkap bola yang Anda lemparkan ke mereka dengan benar, pilih bola yang melenting untuk membawa tingkat kesulitan baru dalam permainan.

Hindari bola plastik dan pilih bola lunak karena anak-anak memiliki kecenderungan untuk meletakkan segala sesuatu ke mulut mereka.

4. Mainan Kerincingan

Beberapa mainan yang berisik merupakan pilihan yang bagus. Anak-anak suka membuat kebisingan sepanjang waktu mereka membantu mengembangkan keterampilan sensorik anak.

Karena kemampuan pendengaran paling berkembang di enam tahun pertama usia anak, itu adalah keharusan untuk memiliki mainan yang berisik. Buat mereka berbicara dengan boneka saat mereka tumbuh untuk efek imajinasi yang lebih.

5. Buku

Ya, memang seharusnya buku bisa menjadi mainan juga. Mereka memiliki memori yang tajam dan dapat memuat secara maksimal ketika muda.

Bacalah sebanyak mungkin cerita dan ketika kecil, tanyakan kisahnya kepada mereka. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu satu sama lain. Anda bahkan dapat berpakaian sebagai karakter cerita dan memainkan karakter untuk pemahaman yang lebih baik.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Mainan Anak yang Dipaksa Jadi Aksesori Motor