Sukses

Sudah Coba Berbagai Cara Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun, Ini 4 Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Demi menurunkan berat badan hingga ke bobot ideal, sebagian orang rela mengubah pola makan dan gaya hidupnya secara gratis. Ada juga yang mulai melakukan berbagai program olahraga demi menurunkan berat badan.

Sayangnya, melansir laman lifehack.org, Kamis (28/11/2019), meski sudah melakukan berbagai perubahan gaya hidup, tak semua orang berhasil menurunkan berat badannya. Menurut para pakar, olahraga dan mengurangi makan tak melulu menjadi syarat utama untuk menurunkan berat badan.

Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pola hidup sehat agar kemudian menerapkannya. Berikut empat alasan mengapa berat badan tak kunjung turun meski telah mencoba berbagai cara:

1. Tidak cukup tidur

Tidak cukup tidur berarti Anda memicu gejala 'overtraining' pada tubuh Anda. Tubuh akan merespons secara negatif pola tidur semacam ini. Pola ini akan meningkatkan hormon stres dan seiring berjalannya waktu berdampak buruk bagi tubuh.

Hormon stres tersebut menghambat proses penurunan berat badan dan memperlambat metabolisme tubuh. Pastikan Anda tidur sedikitnya tujuh hingga delaman jam setiap malamnya.

2 dari 4 halaman

2. Tidak cukup makan

Mungkin agak membingungkan mengingat Anda pasti mengurangi makan agar bisa menurunkan berat badan. Tapi itu semua kembali lagi pada metabolisme dan persoalan hormon stres di tubuh Anda.

Saat Anda tidak cukup makan, metabolisme tubuh melambat dan tubuh justru tidak akan membuang apa-apa yang sudah berada di dalam. Dan kalau sudah begitu, berat badan turun tentu tidak menjadi prioritas tubuh Anda.

Karena saat Anda tidak memenuhi kebutuhan makan yang cukup, tubuh akan merespons dengan penyakit sebagai alarm alami.

 

3 dari 4 halaman

3. Tidak cukup protein

Anda pasti sudah sering mendengar soal kebutuhan protein di tubuh Anda. Protein sangat penting guna memenuhi berbagai fungsi berbeda di dalam tubuh, mulai dari membangun hormon, struktur dan fungsi organ tubuh.

Protein juga ternyata berfungsi untuk membakar kalori di dalam tubuh. Saat kekurangan protein, artinya Anda kekurangan bahan bakar untuk menguras kalori di dalam tubuh.

 

4 dari 4 halaman

4. Konsumsi karbohidrat berlebih

Seringkali, setiap harinya, banyak karbohidrat yang Anda konsumsi secara berlebihan. Padahal, takarannya sudah melampaui batas kebutuhan Anda sehari-hari.

Ada orang yang mengkonsumsi roti, kue, nasi, dan gula. Padahal semuanya mengandung karbohidrat yang justru menghambat Anda dalam proses menunrunkan berat badan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Istilah Lovebombing, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
5 Gelaja Pada Bayi yang Harus Diwaspadai Orangtua