Sukses

Mual dan Muntah di Awal Kehamilan? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal yang aneh lagi bagi ibu hamil, jika merasakan mual dan ingin muntah di awal kehamilannya. Pada trisemester pertama, banyak ibu hamil harus berjuang melawan mual dan muntah hingga sulit beraktivitas seperti biasa.

Melansir laman Parents.com, Jumat (1/11/2019), perasaan mual muncul lantaran meningkatnya sejumlah hormon seperti estrogen yang memperkuat aroma bau dan memicu perasaan mual pada ibu hamil.

Persoalannya, perasaan itu kemudian membuat banyak ibu hamil kesulitan untuk mengkonsumsi makanan yang cukup.

Demi mencukupi kebutuhan nutrisi Anda, berikut sejumlah tips konsumsi makanan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil saat mengalami mual dan muntah-muntah:

1. Camilan saat bangun pagi

Simpanlah sekotak biskuit di dekat tempat tidur Anda. Sehingga pastikan Anda langsung makan sesegera mungkin setelah Anda bangung pagi.

Pasalnya, makan lebih awal di pagi hari dapat membantu meredakan mual. Pasalnya perut yang terlalu lama kosong setelah bangun tidur justru dapat memicu mual. Lebih baik pilihlah biskuit dengan rasa asin.

2. Makanan dan minuman dingin

Lawanlah perasaan mual dengan mengkonsumsi makanan atau minuman dingin. Pasalnya makanan yang panas memberikan aroma yang lebih kuat yang dapat memicu mual dengan cepat.

 

2 dari 2 halaman

3. Perasan lemon

Saat sedang mual, pastikan Anda memiliki simpanan lemon di rumah. Cium aromanya, atau peras dan campurkan dengan segelas air. Rasa asalm tersebut justru dapat menenangkan lambung Anda saat rasa mual menyerang.

Tetesan lemon juga dapat membantu. Pastikan Anda membawa bekal perasan lemon saat keluar agar dapat segera dikonsumsi saat mulai merasa mual.

4. Coklat

Gula yang berlebihan memang tidak baik bagi tubuh. Tapi ibu hamil yang tengah merasa mual disarankan untuk mengkonsumsi coklat guna menekan perasaan tersebut.

5. Jahe

Anda dapat merebus air dengan irisan jahe dan meminumnya di pagi hari. Agar lebih memiliki rasa, Anda dapat menambahkan madu. Rasa hangat dari air jahe dapat meredakan mual yang Anda rasakan.

Jika tidak biasa, Anda bisa juga mengkonsumi kue jahe sebagai gantinya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Buang-buang Waktu Saat Belanja, Ini Caranya
Artikel Selanjutnya
Ingin Hindari Jerawat? Jangan Lakukan 6 Kebiasaan Ini