Sukses

Ketum PSI Kaesang Pangarep Ngopi di Kedai Kopi di Toba Samosir yang Pernah Dikunjungi Jokowi

Pemilik kedai kopi Partungkoan, Rohani Tampubolon terkejut dengan kedatangan Kaesang yang merupakan putra Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep bersama istri, Erina Gudono didampingi Sekjen PSI, Raja Juli Antoni menyempatkan ngopi bersama dengan warga di Kedai Kopi Partungkoan, Jalan Sisingamangaraja, Balige, Toba Samosir. Hal itu dilakukan putra Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sebelum bertolak ke Bengkulu untuk melakukan konsolidasi dengan pengurus PSI.

Dari pantauan Liputan6.com, Kaesang memesan kopi susu dan menikmati sate Padang yang lokasinya tidak jauh dari pasar tradisional Balige. Tidak sedikit warga meminta foto bersama dan menyampaikan sejumlah aspirasinya kepada Kaesang.

"Mas Kaesang saya minta foto bareng ya," ujar Inang kepada Liputan6.com, Sabtu (6/1/2024)

Setelah itu, Kaesang tersenyum saat warga meminta foto bersama sambil mengajak untuk menikmati kopi. Kaesang tidak lupa mendoakan warga untuk tetap sehat sehingga dapat menjalankan aktivitas kehidupan.

"Sehat ya ibu," singkat Kaesang.

Sementara, pemilik kedai kopi Partungkoan, Rohani Tampubolon terkejut dengan kedatangan Kaesang yang merupakan putra Presiden Indonesia, Joko Widodo. Rohani memberitahu kepada Kaesang bahwa ayahnya pernah mengunjungi kedai kopi dengan bukti berupa foto yang terpasang di dinding kedai kopi.

"Iya, Presiden Jokowi pernah ke sini memesan kopi dan pisang goreng," ujar Rohani.

Hal yang sama turut dilakukan Kaesang dengan memesan kopi susu dan pisang goreng yang sudah berdiri sejak 1954. Rohani menuturkan, makna dibalik nama kedai kopi Partungkoan yakni perkumpulan tokoh-tokoh adat Batak.

"Dahulunya tempat ini dijadikan tempat tokoh adat bertemu untuk diskusi sambil meminum kopi," jelas Rohani.

Terkait mana logo pohon beringin, lanjut Rohani, di depan kedai kopi terdapat pohon beringin yang cukup besar, namun pohon tersebut sudah di tebang. Saat ini kedai kopi tersebut sudah dilanjutkan anaknya untuk meneruskan usaha yang didirikan mertua Rohani.

"Ini pengelolanya sudah tiga generasi, awalnya mertua, suami, dan kini anak saya yang melanjutkan," kata Rohani.

Rohani menambahkan, Kaesang sempat memberikan masukan kepada Rohani terkait kedai kopi Partungkoan. Kaesang meminta Rohani dapat memperbesar usahanya.

"Tadi Mas Kaesang bilang minta di perluas lagi, tapi kan kanan dan kiri kedai kami sudah ada pertokoan yang lain," pungkas Rohani. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaesang Ajak Pemilih Gen Z Untuk Tidak Golput dengan Cara MLM

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep bersama istrinya di dampingi Sekjen PSI Raja Juli Antoni mendatangi sejumlah influencer, komunitas kreatif, untuk penguatan suara dan pemenangan PSI di wilayah Aceh. Kaesang Mengajak anak muda atau Gen Z untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024.

Ketum PSI, Kaesang Pangarep mengatakan, kerap mengingatkan generasi muda atau Gen Z dapat datang ke TPS pada hari pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2024. Untuk menarik Gen Z, PSI memiliki cara tersendiri sehingga Gen Z dapat menggunakan hak suaranya untuk mencegah golput, salah satunya Aceh yang angka golput pada Pemilu lalu cukup tinggi.

"Kita paling enak itu adalah kita sasar ibunya deketin bapaknya atau pokoknya yang paling dituakan untuk datang ke TPS satu keluarga, kan pasti ada yang masih anak muda," ujar Kaesang, Jumat (5/7/2024).

PSI menekan satu orang kader atau relawan mengajak minimal lima orang untuk datang ke TPS, baik itu Gen Z maupun orang tua. Hal itu untuk mencegah golput pada Pemilu 2024, sehingga angka partisipasi memilih akan cukup tinggi.

"Yang hadir di sini mungkin ada sekitar 40 sampai 50 orang, jika setiap satu orang memboyong 5 orang maka ada sekitar 250 orang untuk datang ke TPS," jelas Kaesang.

Kaesang menilai, mengajak orang memilih dengan meningkatkan jumlah pemilih dapat dilakukan layaknya MLM. Namun penggunaan ajakan layaknya MLM namun tidak diiming-imingi uang. Namun Kaesang mengakui setiap daerah memiliki kesulitan maupun kendala dalam meningkatkan partisipasi pemilih dan mengajak Gen Z menggunakan hak suaranya.

"Memang susah juga karena setiap daerah pasti punya kesusahan masing-masing," ucap Kaesang.

Terkait meningkatkan angka partisipasi pemilih di wilayah Aceh, Kaesang akan memberikan challenge kepada kader PSI Aceh. Tantangan tersebut yakni dengan setiap satu kader dapat membawa 20 orang untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024.

"Kalau biasanya kita di pulau Jawa yang lain cuma lima, ya ini 20 bisa lah," ungkap Kaesang.

3 dari 3 halaman

Datangi Konten Kreator dan Industri Kreatif

Sementara Sekjen PSI, Raja Juli Antoni mengatakan, Ketum Kaesang melakukan kunjungan ke wilayah Sumatera, salah satunya Aceh. Kedatangannya ke Aceh, Kaesang menyempatkan diri makan pagi bersama anak muda yang memiliki profesi konten kreator hingga industri kreatif.

"Mas Kaesang melakukan sharing briefing bersama anak muda," ujar Raja.

Raja menuturkan, sejumlah masukan diberikan anak muda kepada Kaesang mulai dari peningkatan industri kreatif dengan harapan kedepannya ada ekosistem ekonomi kreatif di Aceh. Selain itu, para pemuda berharap Kaesang mampu menampung dan menyerap sejumlah masukan yang diberikan.

"Ada sejumlah masukan dan ide yang diberikan, semoga dapat diwujudkan Kaesang," pungkas Raja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Kaesang Pangarep adalah anak ketiga atau putra bungsu dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
    Kaesang Pangarep adalah anak ketiga atau putra bungsu dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

    Kaesang Pangarep

  • PSI

Video Terkini