Sukses

Simpatisan Rizieq Shihab Serbu Bandara Soetta, Puluhan Penerbangan Terlambat

Namun, PT Angkasa Pura II membantah kabar soal banyaknya maskapai yang meng-cancel jadwal penerbangan karena penjemputan Rizieq Shihab.

Liputan6.com, Jakarta Ada 30-40 penerbangan yang terlambat (delay) akibat kemacetan dan kerumunan ribuan simpatisan Rizieq Shihab di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (10/11/2020).

Selama sehari, seharusnya ada 500 sampai 550 penerbangan. Bila dilihat jadwal pagi hari, ada sekitar 30-40 penerbangan.

"Ada sekitar 30 sampai 40 flight yang delay, ini bisa di-reschedule," ungkap VP Of Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, soal dampak penjemputan Rizieq Shihab, Tangerang, Selasa.

Namun, Yado membantah kabar soal banyaknya maskapai yang meng-cancel jadwal penerbangan dan menjadi viral di berbagai media sosial karena penjemputan Rizieq Shihab.

Dia menjelaskan, jadwal tersebut sudah tersusun sejak enam bulan lalu atau disusun dari awal.

"Maskapai itu menjadwalkan atau mengajukan slot penerbangan dari jauh-jauh hari, per season, bisa 6 bulan sebelum hari ini," tutur Yado.

Meski begitu, baik maskapai maupun APII tengah mendata dengan pasti, berapa banyak penumpang yang terdampak dan mereschedule tiket penerbangan mereka karena banyaknya simpatisan Rizieq Shihab.

"Untuk pastinya berapa, tim kami masih mendata di lapangan," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rizieq Pulang

Rizieq Shihab tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, pukul 08.37 WIB, Selasa (10/11/2020). Pimpinan FPI dan rombongan tiba di Tanah Air dengan menumpang pesawat Saudi Arabia Airlines SV816, rute Jeddah-Jakarta.

Saat tiba, Rizieq Shihab bersama rombongan, menjalani sejumlah prosedur protokol kesehatan dengan ketat. Seperti mengisi surat kesehatan, pemeriksaan bersih dari Covid-19.

Barulah sekitar pukul 09.30 WIB, Rizieq Shihab bersama rombongan keluar dari Gate 1 Kedatangan Internasional Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Sempat diberi rangkaian bunga, Rizieq yang mengenakan gamis dan sorban serba putih, dikawal barikade dari FPI dan TNI, menembus ribuan massa yang sudah menunggu kedatangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.