Sukses

Menko Maritim: Terumbu Karang Bagai Apartemen untuk Ikan

"Sayang banyak terumbu karang dirusak dengan bom, racun, sampah. Saya minta rakyat membantu menanam, setelah itu dipelihara."

Liputan6.com, Jakarta - Ekspedisi Sejuta Terumbu Karang mendapat acungan jempol dari Menko Maritim Rizal Ramli. Dalam 1-2 tahun mendatang, terumbu karang akan menjadi tempat nyaman bagi ikan-ikan.

"Ekspedisi Sejuta Terumbu Karang ini luar biasa, karena kekayaan alam kita luar biasa, terumbu karang kita juga luar biasa," kata Rizal dalam live video conference di Studio SCTV, Jakarta, Sabtu (15/8/2015).

Live video conference ini melibatkan Presiden Joko Widodo yang mencanangkan sekaligus membuka Ekspedisi Sejuta Terumbu Karang dari Istana Negara, Jakarta. Kemudian Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi menabuh gendang di Studio SCTV. Disambut ribuan penyelam di Sabang-Aceh, Manado-Sulawesi Utara, dan Ambon-Maluku sambil mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut.

"Sayang banyak terumbu karang dirusak dengan bom, racun, sampah. Saya minta rakyat membantu menanam, setelah itu dipelihara. Kalau tumbuh dalam 1-2 tahun akan luar biasa menjadi apartemen untuk ikan-ikan," ujar Rizal.

Indonesia, lanjut Rizal, memang terkenal sebagai wilayah laut paling indah di dunia. Bersama KSAL, komitmen agar terumbu karang benar-benar tumbuh akan mendatangkan banyak sekali ikan-ikan.

"Karena terumbu karang adalah rumah ikan. Nelayan pun akan sangat tertolong, sehingga tidak perlu jauh-jauh lagi ke tengah laut untuk mendapatkan ikan. Cukup dari dekat saja," ucap Rizal. (Sss/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini