Sukses

Runner-Up Miss USA 2023 Gantikan Posisi Noelia Voight, Mengaku Dukung Isu Kesehatan Mental

Setelah pengumuman pengunduran diri Noelia Voigt, Savannah Gankiewicz (28) mengambil alih posisinya sebagai Miss USA 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pengumuman pengunduran diri Noelia Voigt, Savannah Gankiewicz (28) mengambil alih posisinya sebagai Miss USA 2023. Mengutip People Kamis, 16 Mei 2024, Gankiewicz berbicara tentang langkahnya mengambil mahkota setelah pengunduran diri Voigt dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di Instagram.

"Saya sepenuhnya mendukung dan menghormati keputusan Noelia untuk mundur, dan saya bersolidaritas dengan kesadaran kesehatan mental," ujarnya. "Saya menerima mahkota ini karena mengetahui bahwa saya telah diangkat oleh para pendukung, keluarga, teman, dan masyarakat Hawaii sepanjang perjalanan ini. Saya menerima gelar ini atas nama mereka."

"Kepada sesama saudari Miss USA, saya percaya sangat penting bagi kita untuk bersatu demi masa depan organisasi dan angkatan yang akan datang pada 2024 dan seterusnya. Saya menjanjikan dukungan sepenuh hati kepada para delegasi baru yang telah mendedikasikan diri mereka pada kontes tingkat negara bagian mereka, dan saya berkomitmen untuk memastikan transisi yang mulus dan berkesan di antara para pemegang gelar Miss USA," tutupnya.

Gankiewicz, yang sebelumnya sebagai runner-up kompetisi 2023 tersebut menerima penghargaan dari Gubernur Hawaii Josh Green dalam sebuah upacara di negara bagian asalnya pada Rabu, 15 Mei 2024.

"Meskipun keputusan ini tidak diambil dengan mudah, saya sangat yakin bahwa kesempatan ini diperuntukkan bagi saya dan saya siap memberikan dampak positif bersama organisasi yang saya sayangi ini," kata Gankiewicz saat menerima mahkota di acara tersebut. diadakan di Alohilani Resort Waikīkī Beach, menurut CNN.

"Saya berdedikasi untuk mengambil tindakan dan membuat perbedaan, dengan latar belakang saya sebagai responden pertolongan pertama kesehatan mental bersertifikat, dan pelatihan dalam pencegahan bunuh diri anti-intimidasi," Gankiewicz menambahkan, menurut outlet tersebut. 

"Saya memahami, pentingnya memprioritaskan kesejahteraan Anda dan mengadvokasi mereka yang membutuhkan. Saya percaya bahwa perubahan sejati dimulai dari dalam dan saya bertekad untuk memimpin dengan memberi contoh dan memberdayakan angkatan 2024 dan seterusnya," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terdapat Dua Miss USA 2023 yang Mundur

Awal bulan ini, Miss USA 2023, Noelia Voigt (24), dan Miss Teen USA 2023, UmaSofia Srivastava (17), mengundurkan diri dari gelar mereka hanya berselang 48 jam. Voigt mengumumkan keputusannya untuk mundur di Instagram, dengan alasan pentingnya kesehatan mental.

"Saya menyadari hal ini mungkin akan menjadi kejutan besar bagi banyak orang," tulisnya dalam keterangan panjang yang dibagikan pada Senin, 6 Mei 2024. "Jangan pernah mengkompromikan kesehatan fisik dan mental Anda."

Miss Teen USA Srivastava kemudian mengumumkan keputusannya untuk melepaskan mahkotanya dua hari kemudian, dan menyampaikan bahwa "nilai-nilai pribadinya tidak lagi sepenuhnya sejalan dengan arah organisasi."

Menyusul pengunduran diri Voigt dan Srivastava, ibu mereka, Jackeline Voigt dan Barbara Srivastava, duduk bersama Good Morning America untuk menyerukan perubahan dalam sistem kontes Miss USA.

"Saya ingin memperjelas, ini bukan tentang apa yang bisa mereka peroleh, hadiahnya… ini tentang bagaimana mereka diperlakukan dengan buruk, dianiaya, diintimidasi dan dipojokkan," kata Barbara. "Pekerjaan impian mereka ternyata menjadi mimpi buruk."

3 dari 4 halaman

Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

Voigt tidak terlalu eksplisit dalam pengumuman publiknya. Ia hanya mengunggah di Instagram. 

"Jauh di lubuk hati saya tahu bahwa ini hanyalah permulaan babak baru bagi saya, dan harapan saya adalah saya terus menginspirasi orang lain untuk tetap tabah, memprioritaskan kesehatan mental, mengadvokasi diri sendiri dan orang lain dengan menggunakan suara Anda, dan tidak pernah menjadi orang yang tidak bertanggung jawab. takut akan masa depan, meskipun rasanya tidak pasti," tulis Voigt.

UmaSofia Srivastava yang berusia 17 tahun mengunggah catatannya sendiri ke Instagram, mengatakan, “Nilai-nilai pribadi saya tidak lagi sepenuhnya sejalan dengan arah organisasi.”

Akibat hal meresahkan itu, para penggemar berlomba mencari informasi lebih lanjut, termasuk pada unggahan Voigt yang mungkin berisi pesan rahasia. Huruf kapital dari 11 kalimat pertama dalam pernyataannya menguraikan kata-kata "AKU DIbungkam". Hal tersebut membuat para pengamat berspekulasi bahwa ada banyak hal yang ingin Voigt katakan, tapi tidak bisa disampaikan.

Mengutip Vox pada Kamis, 16 Mei 2024, Organisasi Miss USA menanggapi pengunduran diri Voigt dan Srivastava di Instagram dengan mengatakan bahwa mereka menganggap kesejahteraan pemegang gelarnya sebagai "prioritas utama" dan akan segera mengumumkan penggantinya tetapi tidak menjawab tuduhan mengenai tempat kerja yang tidak sehat.

Dalam pernyataannya kepada ABC News, organisasi Miss USA mengatakan, "Kami berkomitmen untuk membina lingkungan yang sehat, komunikatif, dan mendukung bagi semua kontestan, pemegang gelar negara bagian, pemegang gelar nasional, dan staf."

4 dari 4 halaman

Pengunduran Diri Voigt atau Srivastava Bukan yang Pertama

Pengunduran diri Voigt atau Srivastava bukan yang pertama terjadi pada bulan ini. Seorang direktur media sosial, Claudia Michelle, juga mengundurkan diri dari posisinya pada Jumat, 3 Mei 2024. 

Dalam unggahan Instagramnya, dengan jujur Michelle melontarkan berbagai tuduhan penganiayaan di tempat kerja. Salah satunya adalah orang yang tidak disebutkan namanya di organisasi tersebut menggunakan akun media sosial resmi di belakangnya, menghapus komentar negatif dan memblokir kritik. Tuduhan itu dikuatkan oleh Walker, salah satu pihak yang diblokir, dan mengatakan dalam video YouTube bahwa dia berbicara dengan Michelle tentang hal itu.

Michelle juga menulis bahwa Srivastava dan keluarganya telah diperlakukan dengan tidak hormat. "Saya merasa cara manajemen saat ini berbicara tentang pemegang sahamnya tidak profesional dan tidak pantas; Saya menolak toksisitas di tempat kerja dan penindasan dalam bentuk apapun," tulis Michelle.

Ketiga wanita tersebut berhenti dalam waktu seminggu satu sama lain: Michelle pada hari Jumat, diikuti oleh Voigt pada Senin dan Srivastava pada Rabu. Menurut New York Post, mereka sepakat untuk mundur bersama dan mengoordinasikan pengumuman pengunduran diri mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini