Sukses

5 Sayuran Musim Gugur di Jepang, Akar Teratai hingga Jamur Shitake

Di Jepang, musim dalam makanan akan berdampak pada pemilihan kuliner. Seperti saat musim gugur di mana sayuran tertentu sangat dinantikan.

Liputan6.com, Jakarta - Di Jepang, musim dalam makanan jauh lebih berdampak pada pemilihan kuliner. Lima sayuran yang dipilih di bawah ini pun akan membantu Anda tetap sehat dan kenyang sambil menikmati cita rasa tak tertandingi dari persembahan musim gugur di Jepang.

Penduduk setempat mengonsumsinya karena kaya vitamin dan mencegah penyakit yang muncul dengan datangnya cuaca yang lebih dingin. Sebab itu ketika Anda mengunjungi Jepang di musim gugur jangan lupa mencoba berbagai rekomendasi olahan berikut yang dirangkum dari laman Japan Now, Senin 24 Oktober 2022.

1. Akar Teratai

Terlepas dari namanya, akar teratai (renkon) secara teknis bukan akar tetapi rimpang dari bunga teratai air yang indah. Akar teratai tumbuh di tautan yang dipotong menjadi bulat besar saat dipanen. Karena teratai ditanam dalam kondisi berlumpur, penting untuk mencuci dan mengupas kulitnya secara menyeluruh sebelum dimasak dengannya.

Pada dasarnya, akar teratai memiliki rasa sederhana dan tekstur yang renyah, tetapi karena sangat baik dalam menyerap rasa, mereka direbus dan direbus dengan baik. Dua lauk pauk Jepang yang populer untuk dibuat dengan akar teratai adalah kinpara renkon dan karashi renkon.

Kinpara renkon adalah makanan Jepang tradisional sebagai pendamping yang disajikan di rumah atau di izakaya (pub) di mana akar teratai diiris tipis, digoreng dan dibumbui dengan gula dan kecap. Karashi renkon, yang berasal dari prefektur Kumamoto, dibuat dengan memasukkan akar teratai dengan karashi (mustard Jepang) dan pasta miso, dilumuri kuning telur dan tepung, lalu digoreng.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ubi Jalar

Tidak ada sayuran yang lebih melambangkan musim gugur di Jepang selain satsumaimo (ubi jalar) tercinta. Ubi jalar Jepang, dengan kulitnya yang berwarna kemerahan hingga ungu, memiliki sejarah yang panjang dan lezat.

Berasal dari Amerika Selatan, sayuran akar bertepung ini pertama kali tiba pada tahun 1605 di Okinawa, pada masa Kerajaan Ryukyu (1429-1879). Kemudian ubi jalar dengan cepat menyebar ke daratan melalui perdagangan ke wilayah Satsuma (di Kyushu selatan modern) di mana mereka terus dibudidayakan dalam jumlah besar.

Ubi jalar juga telah menjadi tanaman favorit untuk mencegah kelaparan selama masa kelaparan di abad ke-18 dan ke-19 dan kekurangan pangan selama perang dunia. Sebenarnya tidak ada batasan tentang cara memasak ubi jalar. Cobalah memasukkannya ke dalam nasi, semur, sup, salad, kari, pai, dan panekuk.

Metode yang paling umum adalah dengan membungkusnya dengan kertas timah dan memanggangnya dalam oven atau pemanggang gas. Jika Anda tidak suka melakukannya sendiri, cari yakiimo (ubi panggang) di toko serba ada, supermarket, gerobak perjalanan, dan banyak lagi. 

 

 

3 dari 4 halaman

3. Jamur Shitake

Shiitake bisa dimakan segar dan juga biasa tersedia kering. Seperti jamur lainnya, mereka lezat saat ditumis dengan mentega atau dilemparkan ke dalam nabe (hot pot). Mengapa tidak mencoba membuat shiitake dashi (kaldu sup) untuk vegetarian yang gurih dengan kaldu serba guna washoku?

Jadi, isi keranjang musim gugur Anda yang penuh dengan sayuran dan dapatkan manfaat dari makanan kaya nutrisi dan kaya rasa ini! Tentunya saat panen dan musim, sayuran ini juga harganya relatif lebih terjangkau lagi.

4. Bok Choy

Dengan sayuran hijau lembut dan berdaun yang tumbuh dari umbi putih, chingensai (bok choy) adalah kubis yang dapat dimakan dengan rasa ringan yang tidak terlalu pahit dibandingkan bayam dan mengingatkan pada kastanye air.

Ada banyak cara untuk menyiapkan bok choy, tetapi menumis secara historis adalah yang paling umum. Metode Cina menggoreng sayuran dengan cepat dengan minyak panas baru diperkenalkan ke Jepang selama era Meiji (1886-1912).

Metode ini masuk ketika imigran Cina pindah ke Jepang dalam jumlah yang signifikan. Tidak dapat diandalkannya tungku pembakaran kayu tradisional membuat menumis di rumah menjadi tantangan, namun dengan munculnya pemanggang gas di akhir 1950-an, metode ini menjadi populer.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

5. Lobak Jepang

Kabu (lobak Jepang) adalah sayuran akar berbentuk bola berwarna putih cerah (dan terkadang merah) yang mirip dengan lobak tetapi rasanya lebih lembut. Mereka menghasilkan batang berdaun yang dapat dimakan yang membuat tambahan yang sangat baik untuk salad segar atau topping dekoratif untuk lauk pauk. Lobak Jepang memiliki kulit yang lembut dan halus, sehingga tidak perlu dikupas sebelum dikonsumsi, cukup digosok dengan baik.

Mereka bisa dimakan mentah atau dimasak dan direbus, direbus, dipanggang atau direbus akan menghasilkan rasa yang agak manis dan pedas. Lobak Jepang kaya nutrisi, sarat dengan vitamin (terutama di sayurannya), potasium, dan serat. Cara sederhana untuk menikmati kesegarannya adalah dengan mengiris tipis dan mengasinkannya dalam ponzu. Mereka juga lezat di tumis (sering dengan daging babi) dan dicampur dalam sup potage dengan sayuran akar lainnya, seperti ubi jalar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini