Sukses

Solusi Pembiayaan Pendidikan Bagi Mahasiswa President University

Liputan6.com, Jakarta - Danacita (PT Inclusive Finance Group), platform pembiayaan pendidikan berbasis teknologi, resmi menjalin kerjasama dengan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia, yang telah terakreditasi A, yakni President University.

Kerjasama ini ditujukan untuk membantu semua mahasiswa President University mendapatkan pilihan pembayaran biaya kuliah yang lebih terjangkau, suatu kebutuhan yang terlihat meningkat di masa-masa Covid-19 ini. Hal ini sejalan dengan misi Danacita untuk semakin memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang diwakili oleh Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto selaku Rektor dari President University dengan Alfonsus Wibowo selaku Direktur dari PT. Inclusive Finance Group pada Mei 2020. 

Melalui kerjasama ini, Danacita resmi menjadi alternatif pembiayaan pendidikan bagi mahasiswa President University, dimana biaya perkuliahan yang sebelumnya harus dibayarkan mahasiswa sekaligus, kini dapat dicicil bertahap secara bulanan.

Menurut Sandy Darmowinoto, selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi, Sumber Daya dan Keuangan, President University, mereka senang kerjasama ini dapat terwujud. Solusi pembiayaan pendidikan yang disediakan oleh Danacita tentu sangat membantu mahasiswa mereka dalam memenuhi kewajiban pembayaran biaya perkuliahan, terutama bagi mereka yang membiayai kuliahnya sendiri.

“Dengan demikian, kami berharap mahasiswa kami dapat semakin fokus dalam perkuliahan mereka, dan disisi lain ini juga dapat menjadi solusi pembiayaan bagi calon mahasiswa baru yang ingin berkuliah di President University,” lanjutnya.

Danacita adalah salah satu anak perusahaan ErudiFi, perusahaan berbasis teknologi yang mempunyai misi untuk membangun masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda di Asia Tenggara. Sejak beroperasi di Indonesia pada 2018, mereka telah membantu meringankan pembayaran biaya kuliah bagi para pelajar yang berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia.

Dengan slogan “Solusi Cerdas Biaya Kuliah”, solusi pembiayaan pendidikan Danacita dapat meringankan proses pembayaran pendidikan serta memudahkan mahasiswa dalam meraih pendidikan terbaik. Melalui pembayaran bertahap, biaya perkuliahan tentunya akan lebih terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan kewajiban pelunasan biaya perkuliahan secara langsung dalam satu periode tertentu yang seringkali menjadi tantangan besar bagi masyarakat.

Alfonsus Wibowo, Direktur PT. Inclusive Finance Group (Danacita) mengatakan, misi besar mereka adalah Making Education Affordable, karena itu mereka sangat senang dan bangga menyambut President University sebagai mitra terbaru dalam mewujudkan misi tersebut.

Mereka berharap melalui kerjasama ini Danacita dapat semakin membuka kesempatan bagi lebih banyak lagi pelajar di Indonesia untuk bisa mendapatkan pendidikan terbaik, khususnya di President University.

“Untuk menyesuaikan kebutuhan mahasiswa aktif President University, kami tidak hanya memberikan solusi pembiayaan kuliah (tuition fee) saja, namun kami juga menyediakan solusi pembiayaan untuk pembayaran asrama (dorm fee),” sambungnya.

Sebagai perusahaan berbasis teknologi, bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa yang hendak mengajukan dukungan pembiayaan dari Danacita dapat melakukan proses pengajuan dengan mudah dan cepat melalui situs Danacita (www.danacita.co.id) tanpa dibutuhkan uang muka dan tidak dibebankan biaya administrasi.

Selanjutnya, Danacita akan melakukan sistem asesmen risiko dengan melihat profil dan karakteristik mahasiswa tersebut, termasuk dengan melihat potensi mahasiswa di masa depan. Proses asesmen Danacita hanya butuh waktu maksimal dua hari kerja terhitung dari kelengkapan persyaratan. Dan bagi calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan, bisa mendapatkan tenor hingga 24 bulan.