Sukses

Ini Manfaat Baik Minyak Wijen bagi Kesehatan Rambut

Berikut manfaat baik minyak wijen yang dapat menjaga kesehatan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Rambut yang tipis menjadi salah satu mimpi terburuk setiap wanita. Banyak hal yang menyebabkan rambut menjadi tipis dan rusak. Untuk mengatasi segala permasalahan jenis rambut, Anda bisa menggunakan minyak wijen, seperti dilansir dari Boldsky pada Senin (28/5/2018).

Minyak wijen sering digunakan dalam produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner. Minyak wijen mampu meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mengeluarkan racun dan menstimulasi folikel rambut yang tidak aktif. Selain itu, sifat antiseptik, antijamur, antibakteri, anti inflamasi, dan antioksidan dari minyak wijen mampu membuat rambut tetap bersih dan sehat. Lalu, apa manfaat kandungan tersebut bagi rambut?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Menghilangkan ketombe

Minyak wijen mampu menutrisi kulit kepala dan mencegahnya terkelupas. Selain itu, minyak wijen juga mampu menenangkan rasa gatal yang dihasilkan jika Anda memiliki ketombe. Anda hanya perlu menambahkan maksimum lima tetes pada sampo. Kemudian oleskan pada rambut dan diamkan selama 5-7 menit. Bilas dengan air biasa.

2. Menghilangkan kutu

Kutu di kulit kepala disebabkan karena kesehatan kulit kepala yang buruk sejak awal dan menyebar melalui kontak. Minyak wijen memiliki sifat insektisida yang ampuh membunuh kutu di kepala. Campurkan lima hingga tujuh tetes minyak wijen dengan satu sendok makan minyak sayur. Aplikasikan di kulit kepala dan tutup dengan shower cap. Diamkan semalaman dan bersihkan dengan sampo herbal keesokan paginya.

3. Untuk rambut tipis

Penggunaan minyak wijen membuat rambut Anda lebih panjang, lebih tebal, dan indah. Tambahkan beberapa tetes minyak wijen pada warm carrier oil. Gunakan campuran tersebut untuk memijat kulit kepala dan bungkus dengan handuk hangat. Diamkan selama 30 menit dan keramas seperti biasa. Anda bisa melakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

4. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok bisa menjadi masalah utama yang banyak dialami. Anda dapat menggunakan minyak wijen dan masker putih telur untuk mengurangi kerontokan rambut. Pisahkan dua hingga tiga putih telur dari kuningnya. Campur dengan lima tetes minyak wijen. Pijat campuran ini ke kulit kepala selama 5 hingga 10 menit. Diamkan selama 30 hingga 40 menit sebelum mencucinya menggunakan sampo herbal.

5. Untuk pertumbuhan rambut

Banyak orang yang sulit mengalami pertumbuhan rambut, terlebih jika usianya semakin senja. Anda bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan minyak wijen untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Sifat minyak zaitun yang ringan dan menghidrasi akan membuat rambut terasa lembut dan halus. Campurkan minyak wijen dan minyak zaitun dalam jumlah yang sama. Oleskan pada rambut dan diamkan selama satu jam. Kemudian cuci dengan mild shampoo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.