Sukses

Kemensos Salurkan Bansos Lebih dari Rp201 Miliar ke Tanah Papua, Ini Rinciannya

Sejak masuk Komisi VIII, anggota DPR Dapil Papua itu berkomitmen untuk terus berupaya mendorong penyaluran bantuan secara berkesinambungan khususnya bagi Papua mengingat alokasi anggaran di Kemensos cukup besar.

Liputan6.com, Papua - Kementerian Sosial RI bersama dengan Komisi VIII DPR memberikan bantuan sosial (bansos) senilai lebih dari Rp 201 miliar kepada masyarakat Papua pada Sabtu (25/11/2023).

Penyerahan bantuan bansos bagi masyarakat penerima manfaat di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS), di Tanah Hitam, Kota Jayapura dilakukan oleh anggota Komisi VIII DPR, Yan Permenas Mandenas.

Sejak masuk Komisi VIII, anggota DPR Dapil Papua itu berkomitmen untuk terus berupaya mendorong penyaluran bantuan secara berkesinambungan khususnya bagi Papua mengingat alokasi anggaran di Kemensos cukup besar.

“Dan Papua merupakan salah satu daerah yang mendapatkan perhatian cukup besar dari pemerintah, melalui Kemensos dan DPR, karena Papua merupakan daerah 3T atau Tertinggal, Terdepan dan Terluar,” ujar Yan Mandenas.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan daerah 3T mendapatkan alokasi anggaran yang cukup signifikan dalam rangka membantu masyarakat.

“Jadi, tadi hanya penyerahan secara simbolis, nanti petugas di lapangan bersama dinas sosial tingkat provinsi, kabupaten dan kota yang mendistribusikan langsung," ucap Yan Mandenas.

Yan Mandenas berharap pemerintah pusat juga memberi perhatian lebih kepada masyarakat Papua untuk pengadaan rumah sehat. Ia bercerita  banyak berkeliling Papua termasuk daerah rawan konflik.

Dari hasil berkeliling, ia menyimpulkan masyarakat Papua membutuhkan rumah sehat karena rumah saat ini menjadi kebutuhan dasar. Berdasarkan data 1 rumah di Papua rata-rata diisi oleh 5 Kepala Keluarga (KK).

“Untuk itu agar rumah sehat lebih banyak dan cepat terbangun selain Kemen-PUPR, saya berharap kementerian lain juga ikut membantu sesuai tupoksinya masing-masing," kata Yan Mandenas.

Sementara itu Kementerian Sosial melalui BBPPKS akan mengontrol distribusi bantuan ini agar tepat sasaran, dengan demikian bantuan yang mencapai lebih dari Rp 201 miliar itu akan tersalurkan di seluruh tanah Papua.

Berikut rincian bantuan sosial yang disalurkan di tanah Papua :

1. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Rp 11.299.805.730

2. Bantuan Sembako

Rp 189.662.400.000

3. Bantuan Yatim - Piatu

Rp 363.200.000

4. Bantuan Atensi

Rp 145.736.390

Dari empat jenis bantuan tersebut, Kemensos secara keseluruhan memberikan total bantuan senilai Rp 201.471.142.120

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • Papua

Video Terkini