Sukses

Mengintip Gaya Kepemimpinan Pengusaha Rempah-Rempah Instan asal Malang

Liputan6.com, Malang - Menjadi seorang pemimpin dalam perusahaan, tentu saja ada amanah besar yang harus dijalankan. Seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab dan peranan penting bagi kesuksesan perusahaan.

Feraldo Orazio Teranggono adalah seorang pemimpin di sebuah perusahaan yang berfokus pada pengolahan rempah-rempah instan di Malang. Namanya, kian melejit sebab selama kepemimpinannya banyak perubahan dan membuat perusahaan kian berkembang pesat.

Banyak orang penasaran dengan gaya kepemimpinan yang Feraldo terapkan. Namun, tenang saja Feraldo ini adalah sosok pemimpin yang humble dan senang diajak berdiskusi.

Terdapat beberapa gaya kepemimpinan yang terkenal dan efektif diterapkan untuk pemimpin perusahaan. Beberapa gaya kepemimpinan yang familiar diterapkan seperti demokratis, affiliative, otokratis, dan visioner.

Feraldo adalah salah satu leader yang menerapkan gaya Visioner. Feraldo selalu berupaya untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, baik dari segi penggunaan teknologi canggih maupun menciptakan produk sesuai permintaan konsumen.

Pandangan kepemimpinan Ferlado yang visioner tersebut terbukti bisa membawa Brand Enak Eco Eksis selama dipimpinnya.

Banyak prestasi yang berhasil Enak Eco raih, seperti penghargaan dari rekor MURI Indonesia.

Sebagai seorang pemimpin yang visioner, Karyawan Enak Eco merasa senang, sebabĀ  Feraldo memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mudah diterima. Apalagi sebagai pemimpin Feraldo tidak hanya memberikan instruksi belaka, melainkan juga memotivasi tenaga kerjanya untuk mewujudkan visi misi yang dibangun bersama.

Dalam dunia industri baik makanan maupun manufaktur selalu ada perkembangan teknologi dan informasi terbaru setiap saat. Menyadari adanya kemajuan teknologi, maka seorang pemimpin harus berupaya untuk mengikutinya.

Pemimpin juga harus melakukan riset untuk menemukan teknologi apa yang sekiranya relevan dengan bisnisnya. Feraldo mengungkapan hal tersebut diterapkannya pada PT Enak Jaya Makmur.

"Saya melakukan perubahan dari mengubah konsep produksi yang dulunya semi tradisional, kini memakai mesin dan peralatan canggih. Tentu saja sebelum memutuskan hal tersebut, saya sudah memikirkan resiko-resikonya," ujar Feraldo dalam keterangan tertulisnya.

Dalam praktiknya ketika ada perubahan misal pada proses produksi, maka tenaga kerja yang ada harus melakukan penyesuaian. Bahkan, bisa saja karena adanya perubahan perusahaan membutuhkan orang baru yang bisa membimbing tenaga kerja untuk menyesuaikan dengan prosedur baru.

Feraldo tidak hanya melakukan revolusi dari segi proses produksi saja, melainkan juga menambah divisi yang belum ada sebelumnya. Bagi Feraldo diferensiasi sebuah produk itu penting, oleh karena itu memutuskan untuk menghadirkan divisi riset and development (RND)

Selain adanya penambahan divisi RND, selama kepemimpinannya, Ferlado juga menambah divisi lainnya di bidang marketing. Dengan hadirnya divisi marketing, Feraldo berharap adanya strategi baru yang bisa memperluas dan mengenalkan produknya ke seluruh wilayah Indonesia hingga luar negeri.

Tidak hanya dikenal sebagai pemimpin yang visioner dan melakukan banyak perubahan secara terstruktur dan terukur. Ferlado juga mencoba membangun lingkungan kerja yang nyaman.

Hal tersebut untuk membantu tenaga kerja bisa bekerja secara produktif dan memiliki hubungan baik antar team. Feraldo mewujudkannya dengan membuat wadah Small Group Activity dan Technical Meeting.

Melalui wadah tersebut, Ferlado ingin mengajarkan memecahkan problem solving dengan komunikasi 2 arah. Untuk membangun rasa kekeluargaan, Ferlado juga kerap mengadakan acara gathering, momen tersebut juga terlihat pada feed postingan di instagram @feraldo.

Tidak hanya pandai dalam mengatur strategi belaka untuk membawa perusahaannya maju, Feraldo juga memiliki prinsip yang bisa ditiru ketika berbisnis nantinya. Prinsip yang Feraldo pegang adalah konsistensi merupakan kunci kesuksesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.