Sukses

Ingin Gapai Impian Tunaikan Ibadah Haji Atau Umrah? Ini Salah Satu Solusinya

Tabungan haji atau umrah menjadi pilihan yang realistis bagi masyarakat Indonesia yang ingin menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Liputan6.com, Surabaya - Ibadah haji yang merupakan rukun Islam yang ke-5 menjadi keinginan umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sayangnya, tantangan untuk menunaikan ibadah haji cukup besar, mulai dari biaya yang tinggi hingga antrean naik haji yang begitu panjang.

Berdasarkan data dari situs Kementerian Agama, waktu antrean terlama mencapai 48 tahun untuk Kabupaten Bantaeng serta yang tersingkat 11 tahun di Kabupaten Maluku Barat Daya. Lamanya antrean tersebut membuat kebanyakan jemaah yang berangkat ke Tanah Suci sudah berusia lanjut.

Sementara itu untuk Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) alias biaya yang ditanggung jemaah haji pada tahun 2023 sebesar Rp49,81 juta. Angka yang ditetapkan Kemenag itu mencapai 55,3% dari total Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Secara total, Indonesia memperoleh kuota jemaah haji pada tahun 2023 sebanyak 221.000 orang, dengan perincian, sebanyak 203.320 kuota jemaah haji reguler serta 17.680 kuota jemaah haji khusus. Pada 2023, Indonesia mendapatkan tambahan 8.000 kuota tambahan jemaah haji Indonesia untuk keberangkatan tahun ini.

Layanan pemberangkatan jemaah haji Indonesia dibagi menjadi dua berdasarkan fasilitas yang bakal didapatkan, yaitu haji regular serta haji plus. Haji regular diselenggarakan langsung pemerintah melalui Kementerian Agama. Sementara, haji plus diselenggarakan oleh pihak travel haji yang telah ditunjuk langsung oleh pemerintah. Perbedaan keduanya hanya terdapat pada cara setoran pendaftaran, jumlah pembayaran dan fasilitas yang didapatkan.

Inilah mengapa tabungan haji atau umrah menjadi pilihan yang realistis bagi masyarakat Indonesia yang ingin menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Melalui tabungan haji atau umrah, dana yang dikumpulkan untuk beribadah menjadi lebih aman serta membuat jemaah lebih terencana dalam pengumpulan dana tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tabungan Umrah

Salah satu travel haji yang melayani perjalanan haji serta umrah adalah Jejak Imani. Perusahaan travel ini telah berpengalaman melayani selama lebih dari 9 tahun dalam industri perjalanan ibadah serta tur halal.

"Kami dengan bangga mempersembahkan Jejak Imani sebagai penyedia layanan terbaik untuk perjalanan haji, umrah, dan halal tour. Dengan pengalaman, pelayanan serta komitmen, kami berusaha memberikan pengalaman perjalanan yang berkesan maupun bimbingan ibadah dan spiritual sesuai syariat sehingga sepulang umrah,” kata Presiden Direktur Jejak Imani, HM Rizaldy Latief.

Guna memenuhi standar dan regulasi yang ketat, Jejak Imani telah memperoleh izin resmi dari Kementerian Agama sebagai lembaga yang berkompeten dan memiliki akreditasi A dalam penyelenggaraan perjalanan haji, umrah, dan halal tour.

Salah satu fitur unggulan dari Jejak Imani adalah program tabungan umrah yang dirancang untuk membantu para calon jemaah dalam merencanakan perjalanan. Program ini memungkinkan mereka untuk mengumpulkan dana secara bertahap, sehingga tidak perlu merasa terbebani secara finansial. Dengan penawaran tersebut, perusahaan berupaya menjadikan perjalanan ibadah yang suci ini lebih terjangkau bagi semua kalangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.