Sukses

Temuan Khofifah Hasil Blusukan Pantau Minyak Goreng Hingga Harga Bahan Pokok

Khofifah menyampaikan saat ini masih ada ruang kosong antara produsen, distributor dan konsumen terkait polemik minyak goreng

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beberapa kali turun ke lapangan untuk memastikan stok minyak goreng dan memantau harga di pasaran.

Dari kunjungan tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan saat ini masih ada ruang kosong antara produsen, distributor dan konsumen. Dia meminta komitmen seluruh distributor di wilayah setempat untuk menyalurkan minyak goreng agar dapat memenuhi permintaan pasar yang masih tinggi.

"Dengan produksi 250 ton minyak goreng curah per hari, dan jika pabrik yang lain melakukan hal sama maka seharusnya tidak terjadi kekosongan dan rantai pasok minyak goreng di Jawa Timur tak terputus," ujar dia dilansir Antara, Senin (28/3/2022).

Dari hasil kunjungan Khofifah ke pabrik PT Smart Tbk Rungkut, disebutkan bahwa produksi minyak goreng curah itu 250 ton per hari. Bahkan, kata dia, perusahaan sedang berupaya meminta izin untuk menaikkan produksinya.

Khofifah meminta penyebab kelangkaan minyak goreng harus segera dicarikan solusinya. Salah satu caranya, dengan komitmen bersama antara produsen dan distributor untuk dapat memenuhi permintaan pasar.

"Apalagi tidak lama lagi akan masuk bulan Ramadhan dan dipastikan kebutuhan minyak goreng akan meningkat. Ayolah kita jaga psikologis masyarakat agar masyarakat lebih tenang dan khusyuk menjalankan ibadah puasa," tutur dia.

Gubernur Khofifah telah beberapa kali turun ke lapangan untuk memastikan stok minyak goreng, termasuk memantau harga di pasaran. Khofifah mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek ketersediaan bahan pangan dan penerapan harga eceran tertinggi minyak goreng curah di Pasar Darmo Trade Center (DTC) Wonokromo Surabaya.

Selain itu, Gubernur bersama Kapolri dan Forkopimda Jatim juga meninjau PT Smart Tbk Rungkut Surabaya yang merupakan salah satu pabrik minyak goreng.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.