Sukses

[VIDEO] Bingungnya Jamaah Haji Indonesia Saat Tersesat di Mekah

Menteri Agama Suryadharma Ali menyayangkan tidak adanya penunjuk arah dalam bahasa Indonesia.

Jutaan jamaah haji dari seluruh penjuru dunia tumpah ruah di Mekah, Arab Saudi. Sejumlah jamaah haji Indonesia pun menjadi bingung. Bahkan ada yang tersesat saat akan pulang ke pemondokan.

Para jamaah haji Indonesia itu tidak tahu arah pulang ke pemondokan karena tak hafal arah dan nama jalan menuju pemondokan. Maklum, sebagian besar jamaah haji Indonesia yang tersesat itu sebagian besar usianya sudah lanjut.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Rabu (16/10/2013), jamaah haji Indonesia yang tersesat itu kelelahan, bahkan ada yang sakit. Tenaganya terkuras hanya untuk berputar-putar.

Beruntung mereka menemukan kantor pelayanan haji Daerah Kerja Mekah. Mereka bisa beristirahat di tempat tersebut. Menteri Agama Suryadharma Ali menyayangkan tidak adanya penunjuk arah dalam bahasa Indonesia.

"Petunjuk-petunjuk arah itu menggunakan Bahasa Innggris, Bahasa Arab, Urdu bahkan ada. Tapi Bahasa Indonesia tidak ada, ini yang kami pertanyakan," kata Suryadharma Ali.

Lihat video jamaah haji Indonesia yang tersesat itu di tautan berikut ini. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.