Sukses

Diyakini Sudah Meninggal, Jamaah Haji Ditemukan Hidup

Pencarian 4 hari tak membuahkan hasil. Keluarga telah menyiapkan upacara kematian, namun Barkatullah ternyata masih hidup.

Kabar buruk yang diterima oleh Badarunnisa berubah menjadi sebuah kegembiraan. Sebab suaminya, Barkatullah, yang semula diyakini telah meningal saat melaksanakan ibadah haji ditemukan dalam kondisi hidup di King Abdullah Medical City.

Diberitakan Arab News, Rabu (16/10/2013), Badarunnisa dan Barkatullah yang merupakan suami istri jamaah haji asal India terpisah sejak hari pertama karena kebingungan.

Selama 4 hari Badarunnisa dan jamaah haji rombongannya mencari Barkatullah. Namun hasilnya nihil. Disimpulkan bahwa Barkatullah telah meningal dunia. Begitu pula keyakinan dari jamaah haji rombongan mereka.

Karena sudah yakin Barkatullah wafat, keluarganya di India telah mempersiapkan ritual kematian untuknya. "Sata sangat terkejut," kata Badarunnisa.

"Saya telah berdoa untuk arwah sami saya agar beristirahat dengan tenang dan saya menelepon keluarga di India untuk menginformasikan kepada mereka," tambah dia.

Karena menerima kabar itu, keluarga di India membatalkan perayaan Hari Raya Idul Adha. Keceriaan berubah menjadi acara berkabung. Keluarga di India bahkan menggelar pengajian Alquran untuk mendoakan Barkatullah yang dikabarkan meningal.

Namun, pada Selasa kemarin, relawan haji India menemukan pria tua yang tidak beridentitas di ICU King Abdullah Medical City, Mekah. Dialah Barakatullah yang diyakini telah meninggal oleh istri, rombongan hajinya, dan keluarganya di India.

Petugas gawat darurat Arab Saudi ternyata membawa Barkatullah ke Arafah dengan ambulans untuk melaksanakan ibadah haji dan mengembalikannya ke pusat kesehatan. Memang, pemerintah Arab Saudi menyediakan ambulans untuk para jamaah yang sudah renta dan sakit untuk melakukan wukuf yang menjadi rukun haji.

Otoritas kesehatan Arab Saudi kemudian mencari Badradunnisa dan mengontak anak pasangan India ini yang tinggal di Chennai. "Istrinya di Mina dan anak lelakinya di India perlu beberapa saat untuk mempercayai bahwa orang yang mereka cintai masih hidup," kata relawan asal India Ashraf.

"Ini mukjizat bagi kami, karena kami sangat yakin bahwa ia sudah mati," kata Badarunnisa. "Tapi kami menemukan dia hidup dalam perawatan medis. Itu menakjubkan mengetahui bahwa pemerintah Saudi menyediakan perawatan kepada para peziarah asing," tutup Badradunnisa. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini