Sukses

Seluruh Jamaah Haji Indonesia Sudah Berada di Mina

Setelah menyelesaikan prosesi wukuf di Arafah dan mabit di Muzdalifah jamaah haji reguler umumnya memilih menuju ke Mina.

Seluruh jamaah haji Indonesia sudah berada di Mina pada Selasa pukul 06.00 waktu setempat, setelah mabit (bermalam) di Muzdalifah.

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu, jemaah haji Indonesia secara bertahap meninggalkan Muzdalifah mulai Senin (14/10) pukul 23.40 waktu Arab Saudi untuk menuju ke Mina.

"Armada untuk rute ini memakai SAPTCO (bus kota) dengan kapasitas maksimal 75 orang," kata Anggito di Mekah, Selasa (15/10/2013).

Setelah menyelesaikan prosesi wukuf di Arafah dan mabit di Muzdalifah, Anggito menjelaskan, jamaah haji reguler umumnya memilih menuju ke Mina dahulu untuk melempar jumrah sementara jamaah haji khusus menuju ke Masjidil Haram untuk melakukan tawaf ifadhah dan sa'i--berjalan kaki atau berlari kecil bolak-balik tujuh kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah.

Lalu lintas di Mekah hari ini sangat padat karena sebagian jamaah sudah kembali dari Arafah ke Makkah untuk melaksanakan tawaf ifadhah dan sa'i.

Sementara itu menurut data terakhir pada Sisten Komputerisasi Haji Terpadu, 8 anggota jamaah haji Indonesia meninggal dunia selama berada di Arafah untuk melaksanakan wukuf.

Selain itu ada 49 anggota jamaah haji Indonesia yang harus menjalani rawat jalan, 10 orang harus dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi dan 10 orang harus menjalani rawat inap karena sakit selama wukuf. (Ant/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.