Sukses

[VIDEO] Menjelajah Pasar Hewan Mekah di Musim Haji

Para jamaah haji lebih memilih membeli langsung hewan untuk membayar dam itu.

Di musim haji, selain tempat-tempat suci seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, ada satu tempat yang juga cukup ramai dikunjungi calon jamaah. Tempat itu adalah psar hewan di kawasan Kakiah yang berlokasi di pinggiran Kota Mekah, Arab Saudi.

Ditayangkan Liputan 6 SCTV, Sabtu (12/10/2013), ratusan jamaah calon haji sejak pagi hari sudah berdatangan ke kawasan Kakiah ini. Bukan untuk berziarah atau berwisata, melainkan untuk membeli kambing dan unta.

Mereka sengaja datang langsung ke peternakan hewan kurban ini untuk membayar dam atau denda sebagai bagian pelaksanaan ibadah haji. Meski sebenarnya pembayaran dam dapat dilakukan di loket resmi yang sudah disediakan, mereka lebih memilih membeli langsung hewan untuk membayar dam itu.

"Saya mau membayar langsung," kata salah satu jamaah haji asal Indonesia, Usman.

Sebagian jamaah bahkan ada yang tak canggung masuk ke tempat penjagalan untuk menyaksikan langsung pemotongan hewan kurban. "Saya ingin menyaksikan langsung proses menyembelihnya," tutur jamaah haji asal Indonesia lainnya, Yuni.

Di tempat ini, mulai pemilik dan tukang potong hewan, didominasi imigran asal Afrika. Setiap musim haji, sedikitnya 2 juta ekor kambing dan unta disembelih sebagai bagian dari pembayaran dam. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.