Sukses

[GALERI FOTO] Tangkasnya Pramuka Arab Saudi Bantu Jamaah Haji

"Jangan takut. Kami gratis, gratis. Ayo, ayo Ummi, Bapak," seru Ayman (10) dengan nada cadel.

Salah satu pemandangan menarik di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, adalah kehadiran belasan remaja yang tergabung dalam gerakan pramuka. Para remaja berusia belasan tahun ini berbaris rapi menunggu kedatangan para jamaah haji di bandara internasional itu.

Seragam pandu, topi, dan rompi, menjadi atribut yang melekat di badan. Ditambah senyum ramah tersungging di bibir setiap kali jamaah haji tiba. Sapa hangat pun menyusul senyuman tulus itu. "Assalamu 'alaikum. Selamat datang, Ummi, Bapak." Begitu mereka menyapa para jamaah dengan ramah.

Remaja yang berasal dari sejumlah sekolah se-Kota Jeddah, itu juga langsung menawarkan minuman mineral. Mereka tak segan merapikan barang bawaan (tentengan) jamaah. Atau mengantar jamaah lanjut usia atau lansia, mendorong kursi roda, ke tempat istirahat berjarak kurang lebih 50 meter dari tenda imigrasi.

Beberapa jamaah sempat menolak bantuan pandu muda itu. Ada yang heran dan bingung. Selain tak kenal, gaya anak-anak Arab Saudi menolong sangat spontan. Bahkan terkesan memaksa. "Jangan takut. Kami gratis, gratis. Ayo, ayo Ummi, Bapak," seru Ayman (10) dengan nada cadel.

Rupanya, salah satu semboyan pramuka atau kepanduan yang ramah dan gemar menolong terbukti di Bandara King Abdul Aziz, Kota Jeddah, Arab Saudi ini. Lihat foto-foto Pramuka Arab Saudi itu di tautan berikut ini. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.