Sukses

Resep Makanan Pendamping Ketupat Lebaran Tanpa Santan tapi Tetap Mengenyangkan

Ayam pop bisa jadi menu pendamping ketupat atau nasi saat Lebaran. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Momen Lebaran terasa lebih lengkap dengan kehadiran berbagai makanan khas Lebaran, mulai dari kue kering, kue basah, hingga makanan berat. Untuk makanan berat, Lebaran di Indonesia identik dengan masakan bersantan, seperti opor sayur, gulai, hingga rendang.

Makanan bersantan ini digemari karena punya cita rasa khas dan gurih pada hidangan. Namun di sisi lain, santan tak boleh dikonsumsi berlebihan lantaran kalori dan lemak jenuh di dalamnya bisa memunculkan risiko kesehatan. Kalau kamu ragu memasukkan santan untuk campuran olahan makananmu, masih banyak lmasakan Lebaran lain yang bebas santan.

Salah satunya adalah ayam pop. Menu ini bisa jadi pendamping ketupat atau nasi saat Lebaran. Cara membuatnya pun cukup mudah. Dilansir dari akun Instagram @dhilasina, berikut resep ayam pop untuk Lebaran tanpa santan tapi tetap bikin kenyang.

Ayam Pop

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam jantan atau kampung, potong, lepas kulitnya

- Air jeruk nipis

- 5 siung bawang putih, haluskan

- 3 cm jahe, haluskan

- 2 lembar daun salam

- 2 iris lengkuas

- 2 butir air kelapa

- Air secukupnya

- Garam, merica

- Minyak untuk menggoreng.

 

Cara membuat:

1. Haluskan bawang putih dan jahe.

2. Lumuri ayam dengan jeruk nipis.

3. Masukkan ke dalam panci: ayam, bumbu halus, daun salam, lengkuas, garam, merica, dan air kelapa sampai ayam terendam semua.

4. Tambahkan air bila perlu. Ungkep sampai air susut.

5. Panaskan minyak, matikan api, masukkan ayam biarkan beberapa detik, angkat.

6. Sajikan dengan daun singkong rebus dan sambal khas ayam pop.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.