Sukses

5 Cara agar Sholat Tarawih Makin Lancar dan Nyaman hingga Akhir Ramadhan

Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Simak tips berikut agar tarawih makin lancar dan nyaman hingga akhir ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Pada bulan Ramadhan ini umat Muslim akan berlomba-lomba menunaikan berbagai kebaikan serta amalan-amalan yang dapat mendatangkan pahala.

Salah satu di antara amalan sunnah yang dianjurkan adalah sholat tarawih. Tak lengkap rasanya menjalankan Ramadhan tanpa melaksanakan sholat tarawih.

Ibadah sunnah ini biasanya dilaksanakan pada malam hari Ramadhan setelah sholat isya. Seperti ibadah lainnya, dalam sholat tarawih juga harus dilaksanakan dengan khusuk.

Ada banyak faktor yang terkadang membuat semangat tarawih menurun dan terasa kurang nyaman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar sholat tarawihmu makin nyaman dan lancar.

Berikut ini rangkuman tentang cara agar sholat tarawih nyaman dan lancar hingga akhir Ramadhan, seperti disadur dari laman bola.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kembalikan Stamina Tubuh saat Berbuka

Saat berbuka merupakan saat yang dinanti-nanti orang yang berpuasa. Hal itu karena saat berbuka puasa sudah diperbolehkan makan dan minum untuk mengembalikan stamina tubuh setelah berpuasa.

Untuk mengembalikan stamina tubuh, berbukalah dengan makanan dan minuman manis. Makanan dan minuman manis dalam bentuk sederhana yang mudah diserap tubuh untuk mengembalikan energi.

Kendati demikian, tetap perhatikan jumlah makanan dan minuman manis yang dikonsumsi selama bulan Ramadhan agar tidak berlebihan. 

2. Jangan Menyantap Makanan Terlalu Kenyang

Memakan makanan yang terlalu kenyang dapat membuat tubuh lemas dan mengantuk. Hal ini disebabkan karena setelah mengonsumsi makanan yang terlalu banyak, peredaran darah akan lebih terfokus pada saluran pencernaan.

Oleh karena itu, setelah menjalankan salat magrib, makanlah dengan porsi sedang. Perbanyak makan sayur dan buah, karena sayur dan buah mengandung banyak serat agar tidak merasa kelaparan saat menjalankan ibadah sholat tarawih.

3. Mempersiapkan Diri sebelum Melakukan Shlat Tarawih

Minum yang banyak sebelum sholat tarawih. Bila perlu, bawa air putih ke masjid agar tidak haus saat menjalankan ibadah sholat tarawih.

Sebelum melakukan sholat tarawih, pastikan sudah buang air kecil dan besar agar dapat menjalankan ibadah sholat tarawih dengan penuh khusuk dan konsentrasi.

3 dari 3 halaman

4. Pilih Jumlah Rakaat Sesuai Kemampuan

Kemampuan antara satu orang berbeda dengan yang lainnya, begitu pula dengan aktivitas seseorang. Hal yang terpenting dalam melakukan ibadah sholat tarawih adalah konsisten untuk melakukannya dari awal hingga akhir Ramadhan.

Oleh karena itu, sebaiknya memilih jumlah rakaat sholat tarawih yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, kondisikan pula sholat tarawih yang sesuai dengan aktivitas Anda.

Jika Anda harus bekerja pada malam hari, maka dapat memilih sholat tarawih dengan jumlah rakaat yang lebih sedikit agar dapat melanjutkan pekerjaan.

Sebaliknya, jika Anda memiliki waktu luang maka lakukanlah ibadah sholat tarawih lebih banyak atau lebih lama. Dengan demikian, semangat Anda akan tetap terjaga.

5. Istirahat yang Cukup

Pada bulan puasa, banyak orang melalukan ibadah pada malam hari. Kemudian harus bangun sahur dini hari, sehingga kita kerap kekurangan istirahat. Jika hal ini terjadi terus-menerus, kondisi tubuh dapat menurun, apalagi jika belum terbiasa.

Oleh karena itu, lakukan kompensasi dengan menambah istirahat pada siang hari atau meminum suplemen vitamin dan mineral agar kondisi fisik Anda tetap prima untuk menjalankan ibadah sholat tarawih setiap hari, di bulan Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.