Sukses

Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Media Vietnam Soroti Puasa Ramadhan Timnas Indonesia

Media Vietnam Soha.vn menyoroti aktivitas puasa Ramadhan Timnas Indonesia jelang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi dua pertandingan penting mendekati pengujung Maret 2024. Skuad racikan Shin Tae-yong harus bersua dengan Vietnam dalam laga lanjutan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad Garuda akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah kala menghadapi musuh bebuyutannya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Setelahnya, anak-anak asuh Shin Tae-yong bakal gantian bertandang ke markas The Golden Star di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

Pertandingan kontra Vietnam menjadi momen krusial buat Skuad Garuda jika ingin menghidupkan asa tembus ke putaran final Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia harus mampu memetik kemenangan, mengingat mereka saat ini terkunci di dasar klasemen sementaragrup F.

Skuad binaan Shin Tae-yong tercatat baru mampu mengumpulkan satu poin usai kalah dari Irak dan dipaksa bermain imbang oleh Filipina di dua laga pembuka. Hasil itu membuat Timnas Indonesia terpat 5 poin dari Irak yang menghui puncak klasemen setelah mengemas dua kemenangan berturut-turut.

Media Vietnam, Soha.vn pun menyoroti kiprah skuad Garuda jelang menghadapi laga panas kontra The Golden Star. Mereka menilai ada satu celah yang bisa dimanfaatkan Timnas Vietnam untuk mencuri kemenangan dari Indonesia di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Bakal Puasa Ramadhan

Soha.vn mengungkap puasa Ramadhan berpotensi menjadi sumber kekhawatiran Shin Tae-yong jelang duel Timnas Indonesia melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pasalnya, aktivitas puasa bisa berpengaruh signifikan terhadap kondisi fisik pemain di lapangan. Adapun puasa Ramadhan sendiri diperkirakan bergulir mulai 11 Maret hingga 9 April mendatang. Periode tersebut bertepat dengan waktu persiapan dan pertandingan skuad Garuda di FIFA World Cup Qualifiers 2026.

"Timnas Indonesia menghadapi kekhawatiran. Pelatih Troussier dan anak-anak asuhnya berpeluang membalas dendam atas lawan mereka (skuad Garuda) dalam dua pertandingan (kualifikasi Piala Duniaa 2026 zona Asia)," tulis Soha.vn dalam headline beritanya yang diunggah Selasa (5/3/2024).

"Pelatih Shin Tae-yong cemas akibat bulan puasa Ramadhan yang dilakukan menurut adat istiadat tradisional Muslim di Indonesia. Hal itu bisa berdampak signifikan terhadap kondisi fisik para pemain. Adapun Ramadhan tahun ini akan berlangsung pada 11 Maret hingga 9 April, bertepatan dengan waktu latihan dan bertanding Timnas Indoneia di kualifikasi Piala Dunia," sambung Soha.vn dalam pemberitaannya.

3 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Pernah Singgung Perihal Puasa

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memang pernah menyinggung perihal aktivitas puasa Ramadhan anak-anak asuhnya jelang FIFA Matchday melawan Burundi pada Maret 2023 lalu.

Ketika itu, juru taktik asal Korea Selatan berharap skuad Garuda boleh menunda puasa di hari pertandingan demi menunjang kondisi fisik saat berlaga.

“Puasa memang agak sulit buat saya karena para pemain harusnya bisa makan tepat waktu. Kalau tanpa makan, tetapi harus lari dan bertanding, itu agak sulit bagi pemain,” tutur Shin Tae-yong saat ditemui di sela-sela latihan Timnas Indonesia di Stadion PTIK pada Senin (20/3/2023) silam.

"Jadi saya harus koordinasi dulu dengan pemuka agama dan pemain supaya bisa fokus saat pertandingan. Maksudnya (saat bertanding), kita tetap makan tanpa puasa, (kemudian) mungkin di hari-hari selanjutnya, (momen batal itu) bisa diganti," sambung dia kala itu.

Namun, belum diketahui apakah imbauan serupa akan kembali diterapkan Shin Tae-yong jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pasalnya khusus pertandingan kandang Timnas Indonesia di SUGBK, skuad Garuda baru akan berlaga setelah waktu buka puasa, yakni pada pukul 20.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.