Sukses

Alami Putus Asa dalam Hidup? Gus Iqdam Beri Amalan Agar Semua Beres

Pendakwah muda NU berparas rupawan asal kota Patria, Blitar Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam memberikan wejangan berharga terkait kondisi orang-orang yang mengalami titik terendah dalam hidupnya, bahkan nyaris putus asa.

Liputan6.com, Cilacap - Pendakwah muda NU asal kota Patria Blitar, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam memberikan wejangan berharga terkait kondisi orang-orang yang memiliki masalah.

Bahkan atas permasalahan yang dihadapinya ini tak jarang seseorang mengalami titik terendah dalam hidupnya atau nyaris putus asa.

Pengasuh Majelis Ta’lim Sabilu Taubah itu membeberkan amalan yang mampu mengembalikan keadaan buruk bahkan sangat buruk dalam hidup menjadi baik bahkan sangat baik.

Ia mengungkapkan amalan ini jarang diketahui banyak orang. Padahal ini merupakan cara yang terbaik, sekaligus merupakan cara-cara yang Rasulullah SAW ajarkan.

Meski demikian, kebanyakan manusia tidak menyadari bahwa Islam mengajarkan cara-cara ampuh untuk mengatasi berbagai problematika kehidupan, dari mulai masalah yang ringan hingga yang berat.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal yang Salah dan Lazim Terjadi

Umumnya orang menyelesaikan permasalahan dengan cara-cara yang sesuai logika dan yang diketahuinya saja. Namun justru dengan cara-cara yang ia lakukan justru bisa menimbulkan problematikan hidup yang lebih besar lagi.

Padahal masalah yang kita hadapi boleh jadi merupakan dari ujian Allah SWT. Dan cara menyelesaikannya pula harus dengan cara-cara yang digariskan oleh Allah SWT, bukan malah sebaliknya.

Hal ini yang menurut Gus Iqdam disebutkan bahwa kesibukan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi, malah justru tidak mampu menyelesaikan masalahnya. Sebaliknya, tak jarang kita kembali tercebur ke dalam lubang yang sama. Sungguh Aneh.

“Terkadang kita memunyai masalah besar, mempunyai problem besar dalam hidup kita. Kita sibuk mencari solusinya, terkadang malah menimbulkan masalah baru.” katanya dikutip dari tayangan YouTube Short @majelisbarokah, Jumat (23/02/2024)

3 dari 3 halaman

Mengikuti Sunah-sunah Rasulullah dan Berdoa

Menurut Gus Iqdam, hal yang paling sering kita lupakan adalah adanya momen-momen sakral dan waktu-waktu mustajabah untuk memohon kepada Allah agar dihilangkan masalah dan kesulitannya.

“Padahal ketika itu kita tahu ada momen-momen yang sangat sakral di dalam agama kita, di dalam waktu-waktu kita," terangnya.

Ia pun mengungkap amalan-amalan yang mampu menyelesaikan masalah, bahkan dengan level terberat sekalipun. Amalan-amalan yang dimaksud ialah ketika kita senantiasa mengikuti sunah-sunah Rasulullah SAW dan berdoa kepada Allah SWT. 

“Ketika kita mengikuti sunah-sunah Rasulullah SAW, Insya Allah masalah yang sangat sulit, akan bisa diselesaikan dengan mudah," paparnya

Banyak orang yang sudah hampir menyerah untuk melanjutkan kehidupannya, akhirnya dengan cara ini bisa melanjutkan hidupnya dengan baik karena keajaiban doa-doa," pungkasnya.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.