Sukses

Top 3 Islami: Keutamaan Puasa Rajab Menurut Mbah Moen, Manjanya Putri Guru Gus Iqdam Ning Chasna kepada Suaminya

Kedua puasa sunnah, Rajab dan Senin, digabung dan niscaya memperoleh kebaikan ganda. Keutamaan puasa Rajab diungkapkan oleh ulama kharismatik KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen

Liputan6.com, Jakarta - Pada bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan amal dan ibadah. Pasalnya, pahala tiap amal digandakan berlipat dalam bulan yang dimuliakan ini.

Salah satu yang populer dilakukan umat Islam adalah puasa 10 Rajab. Kebetulan, pada tahun 1445 Hijriyah ini 10 Rajab bertepatan dengan hari Senin.

Makanya, kedua puasa sunnah, Rajab dan Senin, digabung dan niscaya memperoleh kebaikan ganda. Keutamaan puasa Rajab diungkapkan oleh ulama kharismatik KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

Terkait hal itu, tata cara dan niat pasa 10 Rajab yang bersamaan dengan puasa sunnah Senin menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Senin (22/1/2024).

Artikel lain yang tak kalah menyedot perhatian pembaca adalah sikap manja Ning Chasna putri guru Gus Iqdam, Gus Kautsar, pengasuh Ponpes Al Falah Ploso, kepada suaminya, Gus Sunny.

Sementara, artikel ketiga yakni  keutamaan sholat qobliyah subuh yang dua di antaranya adalah syafaat di hari kiamat dan jalan masuk surga.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Niat dan Tata Cara Puasa 10 Rajab Digabung Senin, Amalan yang Selalu Dilakukan Mbah Moen

Ulama kharismatik Nahdlatul Ulama (NU) KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen semasa hidupnya selalu mengamalkan puasa Rajab, khususnya di tanggal 10.

Menurut Mbah Moen, puasa 10 Rajab memiliki keistimewaan yang menjadi cikal bakal lahirnya Nabi Muhammad SAW. Malam 10 Rajab adalah turunnya cahaya (nur) Nabi Muhammad SAW. 

“Tanggal 10 itu Sayyidah Aminah ‘berkumpul’ dengan Sayyid Abdullah. Turunlah sukmanya Sayyid Abdullah kepada Sayyidah Aminah bersama nur-nya Kanjeng Nabi,” kata Mbah Moen dalam suatu ceramahnya, dikutip dari YouTube Madrasah Aswaja, Ahad (21/1/2024).

“Makanya sebisa mungkin tanggal 10 Rajab itu puasa. Saya puasa Rajab itu tanggal 10 saja. Dan terkadang tanggal 1 dan 10 saja,” tambah guru Gus Baha ini.

Mbah Moen mengungkapkan, amalan puasa di 10 hari pertama khususnya tanggal 10 Rajab juga sering dilakukan oleh para gurunya.

“Ini guru-guru saya juga melakukan puasa tersebut,” kata Mbah Moen.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Manjanya Putri Gus Kautsar Ning Chasna ke Gus Sunny yang Bikin Para Jomblo Baper Berjemaah

Melihat sosok kedua mempelai Ponpes Al Falah Ploso, Gus Sunny dan Ning Chasna Nayluver yang baru saja melangsungkan akad pernikahan ini tentu saja membuat para jomblo baper berjemaah.

Banyak video kemesraan mereka di kursi pengantin saat malam resepsi pernikahannya yang tersebar di berbagai platform media sosial, semisal YouTube, TikTok dan lain sebagainya.

Karakteristik manja putri guru Gus Iqdam di pelaminan menuai banyak sorotan dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang merespon sikap putri Gus Kautsar ini. Tak terkecuali juga dengan suaminya, Gus Sunny yang tergolong kalem juga tak luput dari sorotan warganet.

Dalam tayangan itu, terlihat keduanya memiliki karakteristik dasar yang berbeda. Ning Chasna cenderung responsif, sementara Gus Sunny cenderung adem dan kalem.

Meski demikian, dalam salah satu unggahan akun YouTube muemuen bae lah, Jumat (19/01/2024), keduanya terlihat sangat bahagia. Hal ini terpancar dari sorot mata keduanya yang malam itu terlihat berbinar-binar.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh, Syafaat di Hari Kiamat hingga Jalan Menuju Surga

Mungkin masih banyak di antara kita yang kesulitan untuk bangun dan menunaikan sholat subuh tepat waktu. Padahal sebelum sholat subuhadalah waktu-waktu terbaik yang memiliki banyak keutamaan dan membawa kebaikan.

Di antara amalan yang dapat dilaksanakan yaitu sholat sunnah qobliyah subuh atau sholat sunnah fajar. Sholat sunnah ini dilaksanakan sebelum sholat subuh serta dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah. 

Selain berkewajiban menunaikan sholat wajib, kita sebagai umat islam juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah, sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat sholat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim).

Kebaikan yang didapatkan tentunya akan menjadikan diri semakin disiplin dalam melakukan sholat. Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah 5 keutamaan sholat qobliyah subuh beserta penjelasannya.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.