Sukses

Top 3 Islami Plus: Mbah Moen tentang Kunci Masuk Surga dan Puasa 10 Rajab, Sangkakala Kiamat versi Ilmuwan, Mesranya Ning Chasna-Gus Sunny

Banyak wejangan-wejangan yang hingga kini masih menjadi rujukan. Salah satunya adalah kunci masuk surga di zaman akhir. Di hal lain, Mbah Moen juga mengungkapkan keutamaan puasa 10 Rajab

Liputan6.com, Jakarta - Ulama kharismatik Kh Maimoen Zubair (Mbah Moen) sepanjang hidupnya menjariyahkan umurnya untuk pendidikan pesantren dan perkembangan keilmuan Islam. Banyak wejangan-wejangan yang hingga kini masih menjadi rujukan.

Salah satunya adalah kunci masuk surga di zaman akhir. Di hal lain, Mbah Moen juga mengungkapkan keutamaan puasa 10 Rajab.

Dua artikel tersebut menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (21/1/2024).

Artikel lain yang juga menyita perhatian adalah klaim ilmuwan Jerman yang menemukan gambaran sangkakala kiamat.

Sementara, artikel lain yang juga menarik adalah momen putri Gus Kautsar, Ning Chasna dan suaminya Gus Sunny, baper dengan lagu 'Dumes' yang dilantunkan Deny Caknan.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ini Kunci Masuk Surga di Akhir Zaman Menurut Mbah Moen, Lakukan Agar Tak Menyesal

Ulama kharismatik Nahdlatul Ulama, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen semasa hidupnya pernah membahas kunci seseorang bisa masuk surga di akhir zaman. Namun sebelum itu, Mbah Moen mengutip hadis tentang masuk surga hanya sekadar melihat wajah Rasulullah SAW 

“Melihat wajah Rasulullah itu bisa menjadikan sebab masuk surga. (Dalam hadis) barang siapa yang melihatku maka akan masuk surga,” kata Mbah Moen dikutip dari YouTube ppalanwarsarang, Sabtu (20/1/2024).

“Itu Allah yang menciptakan seperti itu. Barang siapa yang melihatku (nabi) pasti masuk surga. Sampai hari kiamat masuk surga,” Mbah Moen menegaskan.

Oleh karena itu, jalan orang masuk surga di zaman Nabi Muhammad SAW adalah yang melihat wajahnya. Tentunya mereka yang beriman kepada Allah SWT dan rasul-Nya.

“Setelah nabi wafat melihat sahabatnya. Tapi setelah zaman nabi tidak cukup melihat saja, tapi harus ngaji. Jadi, walaupun kamu melihatku wajahku tapi tidak mengaji denganku ya tidak bisa. Itu bedanya. Kalau melihat nabi tidak usah ada syarat ngaji,” kata Mbah Moen.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 5 halaman

2. Kapan 10 Rajab 2024? Waktu Puasa Utama yang Disarankan Mbah Moen

Puasa di bulan Rajab menjadi salah satu amalan yang sering dilakukan oleh sebagian besar kalangan umat Islam. Puasa ini dilakukan berdasarkan pada anjuran nabi melaksanakan puasa di bulan-bulan haram, dan Rajab salah satu bulan haram.

Pada dasarnya, puasa Rajab boleh dilakukan kapan saja selama masih di bulan tersebut. Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyarankan puasa Rajab dilakukan pada hari-hari utama agar pahalanya besar seperti hari Senin, Kamis, Jumat, atau Ayyamul Bidh.

Menurut ulama kharismatik Nahdlatul Ulama KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen, puasa sunnah Rajab utamanya dilakukan pada 10 hari pertama. Jika tidak kuat, cukup dua hari saja tanggal 1 atau 10 Rajab.

Apabila dua hari saja tidak kuat, Mbah Moen menyarankan puasa di tanggal 10 Rajab saja. Ini karena di balik tanggal tersebut terdapat peristiwa yang mulia.

“Puasa Rajab itu sebaiknya dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai 10. Kalau tidak kuat puasalah tanggal 10 saja. Jika kuatnya dua hari, puasa tanggal 1 dan 10 (Rajab),” tuturnya, dikutip dari YouTube Madrasah Aswaja, Sabtu (20/1/2024).

Selengkapnya baca di sini

4 dari 5 halaman

3. Ilmuwan Jerman Temukan Gambaran Sangkakala Kiamat, Ternyata Bentuknya Seperti Ini

Kiamat merupakan peristiwa hancurnya alam semesta beserta isinya. Kiamat pasti akan terjadi, namun tak ada seorang pun yang tahu kapan waktunya. 

Kelak malaikat Israfil diperintahkan oleh Allah SWT untuk meniup terompet sangkakala pada hari kiamat. Terompet tersebut berukuran sangat besar, bahkan dalam suatu riwayat disebutkan bahwa ukuran terompetnya menutupi langit dan bumi.

Semua kehidupan di langit dan di bumi akan hancur dan musnah ketika terompet dibunyikan, hal tersebut sebagaimana yang termaktub dalam firman Allah QS. Az-Zumar : 68.

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ

Artinya: Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah).

Mengutip dari laman merdeka.com, berikut merupakan gambaran bentuk sangkakala yang akan ditiup oleh Malaikat Israfil serta temuan ilmuwan tentang sangkakala tersebut.

Selengkapnya baca di sini

5 dari 5 halaman

4. Gus Sunny dan Ning Chasna Baper Dengar Lagu ‘Dumes’ Denny Caknan, Kemesraannya Bikin Ngiri

Gus Sunny dan Ning Chasna resmi melangsungkan akad nikah pada Rabu (17/01/2024) di Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri. Acara resepsi pernikahan putri Gus Kautsar ini terbilang sangat mewah dan meriah.

Dalam acara ini hadir sejumlah tokoh agama seperti KH Said Aqil Siradj, Gus Miftah dan juga mubaligh muda kondang yang kini tengah naik daun yakni Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam.

Hadir juga artis kondang yang kini tengah naik daun, Denny Caknan yang merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu Pop Jawa dan Koplo. Ia pun menyumbangkan suara emasnya dengan alunan lagu-lagu jawa yang membuat kedua mempelai baper.

Rupanya kehadiran penyanyi bersuara khas ini tidak sendirian. Ia ditemani sang istri, Bella Bonita yang tampil cantik dan anggun dengan busana muslimahnya.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.