Sukses

Doa Awal Tahun 2024 Arab, Latin dan Artinya: Memohon Perlindungan dari Bujukan Iblis

Mengawali awal tahun 2024 ada baiknya dengan hal-hal yang baik seperti memanjatkan doa. Doa awal tahun 2024 berisi permohonan agar diberikan perlindungan dan pertolongan selama setahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali awal tahun 2024 ada baiknya dengan hal-hal yang baik seperti memanjatkan doa. Doa awal tahun 2024 berisi permohonan agar diberikan perlindungan dan pertolongan selama setahun ke depan.

Dalam Islam, membaca doa di awal tahun Masehi memang tidak ada ketentuan khusus agar Muslim mengamalkannya. Namun, mengambil pendapat ulama KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya, membaca doa di awal tahun adalah hal positif.

Mengutip tayangan YouTube Radioqu, Buya Yahya mengatakan membaca doa di awal tahun Masehi tidak masalah. Justru aktivitas tersebut bisa mengubah budaya merayakan tahun baru Masehi yang selama ini cenderung dekat dekat kemaksiatan.

“Kalau untuk berdoa boleh, karena doa itu kapan saja. Barangkali tahun baru Masehi nanti ada yang kumpul di masjid untuk berdoa mendoakan semoga mereka itu sadar tobat, tapi tidak di alun-alun ya,” tuturnya.

Adapun doa yang dibacakannya dapat menggunakan doa awal tahun baru Islam. Hal tersebut sebagaimana penjelasan Founder Aswaja Muda, Ahmad Muntaha AM dalam artikelnya di NU Online saat menulis tentang kebolehan doa tahun baru Islam dibaca saat tahun baru Masehi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa Awal Tahun 2024

Mengutip kitab Maslakul Akhyar via NU Online, berikut doa awal tahun 2024 arab, latin, dan artinya.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ  

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihi sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm. 

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Demikian bacaan doa awal tahun 2024 arab, latin, dan artinya sebagai permohonan perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT selama setahun ke depan. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.