Sukses

Resep Jalur Langit Gus Iqdam untuk Ganjar Pranowo dan Siti Atiqoh

Ada ijazah jalur langit penting yang diberikan alumnus pesantran Al Falah Ploso ini kepada SIti Atiqoh istri Ganjar Pranowo yang juga cucu KH Hisyam Abdul Karim Pendiri Pondok Pesantren Kalijaran Purbalingga

Liputan6.com, Jakarta - Senin malam (18/12/2023) lalu Siti Atiqoh Ganjar istri Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menghadiri pengajian rutin Majelis Ta'lim Sabilu Taubah asuhan Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam Blitar.

Suasana begitu cair dan menyenangkan dalam pertemuan tersebut. Siti Atiqoh begitu santun di hadapan gus muda ini, serta ribuan jemaah yang hadir di majelis tersebut.

Ada ijazah jalur langit penting yang diberikan alumnus pesantran Al Falah Ploso ini kepada SIti Atiqoh yang juga cucu KH Hisyam Abdul Karim Pendiri Pondok Pesantren Kalijaran Purbalingga ini.

Salah satu keutamaan ijazah tersebut adalah kemuliaan hidup serta kewibawaan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resep Jalur Langit dari Gus Iqdam

Iya, Siti Atiqoh malam itu mendapatkan ijazah untuk melaksanakan sholat tahajud. Adapun sholat tahajud ini banyak sekali keutamaannya.

Gus Iqdam memberikan pesan khusus pada Siti Atiqoh berupa resep jalur langit yang harus diamalkan bersama dengan suaminya, Ganjar Pranowo.

Resep Gus Iqdam kepada Siti Atiqoh itu berupa Sholat Tahajud, yang hendaknya didirikan setiap malam setelah bangun tidur.

3 dari 4 halaman

Tentang Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah, yang dilakukan pada malam hari setelah waktu isya' hingga menjelang subuh. Sholat ini sangat dianjurkan oleh agama Islam, dan banyak dianjurkan untuk dilaksanakan secara rutin karena memiliki banyak manfaat spiritual dan kesehatan.

Sholat tahajud merupakan ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan secara khusyuk dan penuh konsentrasi. Sebaiknya sholat tahajud dilakukan setelah tidur sejenak, untuk menyegarkan tubuh dan pikiran sehingga dapat dilaksanakan dengan semangat yang lebih baik.

Sholat tahajud memiliki beberapa keutamaan sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu (RA), Nabi shallallahualaihi wa sallam (SAW) bersabda:

"Allah Subhanahu wa Taala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan lainnya).

 

4 dari 4 halaman

Inilah Keutamaan Sholat Tahajud

- Sholat Sunnah Paling UtamaTahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasai)

- Kunci Masuk SurgaRasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

- Kemuliaan dan Kewibawaan, selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

- Menenangkan HatiAl-Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.” [Baca Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah oleh Ibnul Qayyim (hal. 278)]

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.