Sukses

Turun Aksi dan Bikin Fashion Statement, Dukungan 2 Desainer Muslimah Indonesia untuk Palestina

Aksi bela palestina dari berbagai kalangan termasuk desainer muslimah indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Serangan Israel ke Gaza, Palestina yang makin membabi-buta makin membuat marah dan prihatin. Konflik ini kembali terjadi setelah kelompok Hamas Palestina melancarkan serangan mematikan yang menembus pertahanan Israel.

Setelah mendapatkan serangan tersebut pemerintah Israel secara resmi mengumumkan perang pada Sabtu 7 Oktober 2023. Berbagai serangan darat dan udara terus digencarkan oleh Israel. 

Meskipun sejumlah negara telah mengutuk dan mengecam Israel atas tindakannya tersebut, namun nyatanya PM Israel dengan tegas menolak gencatan senjata dan akan terus menyerang warga sipil Palestina.

Dukungan pada rakyat Palestina ini datang dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Baik melalui jalur diplomasi, donasi, aksi di jalan hingga media sosial. Para desainer juga tak mau ketinggalan, yaitu Dian Pelangi dan Zaskia Sungkar. 

Mereka punya cara sendiri untuk mendukung Palestina. Berikut ulasan selengkapnya mengutip dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Zaskia Sungkar

Zaskia Sungkar, seorang desainer dan entertainer menunjukkan dukungan terhadap Palestina melalui outfit yang dihiasi gambar masjid Al-Aqsa, salah satu situs yang sangat berharga bagi umat muslim di seluruh dunia. 

Letaknya berada di Gaza, Palestina. Dalam penampilannya, Zaskia memilih atasan hitam berbahan satin yang dipadukan dengan rok hitam putih.

Ia memakai hijab hitam yang distyling sederhana. Tak lupa kacamata putih membuat tampilannya lebih stand out.

Sentuhan khusus terdapat pada syal putihnya yang memiliki gambar masjid Al-Aqsa. Syal ini memberikan pesan kuat tentang kepedulian terhadap kondisi di Palestina.

Pemilihan warna merah, hijau, dan putih sebagai aksen pada busananya juga menjadi simbol dari bendera Palestina.

Penggunaan simbol-simbol seperti gambar masjid Al-Aqsa dan warna dari bendera Palestina menjadi cara simbolis untuk menyampaikan dukungannya.

3 dari 3 halaman

Dian Pelangi: Simplicity dalam Aksi Solidaritas

Desainer ternama Dian Pelangi juga turut menyuarakan solidaritasnya dengan Palestina. Ia turun langsung melakukan aksi membela Palestina.

Dalam aksinya itu, Dian Pelangi memilih atasan puff sleeve hitam yang dikombinasikan dengan hijab hitam. Meskipun dalam kesederhanaan, penampilan tersebut merupakan simbol dukungan kuat terhadap Palestina.

Keduanya, dengan gaya dan ekspresi mode mereka, menyuarakan pesan solidaritas dan kepedulian terhadap peristiwa yang terjadi di Palestina. Dukungan para desainer melalui busana dan penampilan publik mereka menjadi bentuk ekspresi nyata dari kepedulian terhadap konflik yang berkepanjangan antara Palestina dan Israel.

Langkah ini juga menunjukkan bahwa mode bukan hanya soal gaya, tetapi juga sebuah platform untuk menyuarakan pesan sosial dan dukungan terhadap isu-isu global yang penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.