Sukses

Dzurriyah Mbah Kholil Bangkalan Ungkap Fakta Habib Alex, Putra Wali Besar Probolinggo

Terkait Habib Alex yang ramai diperbincangkan, salah satu keturunan Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan yakni Lora Muhammad Ismail Al-Kholilie angkat bicara.

Liputan6.com, Jakarta - Warganet tiba-tiba dihebohkan dengan foto Habib Alex yang banyak dipajang di beberapa platform media sosial (medsos). Tak sedikit warganet yang bertanya-tanya siapa sosok Habib Alex sebenarnya.

Dalam narasi yang beredar, siapa saja yang mengunggah foto Habib Alex di medsos ia akan mendapat keberkahan. Hal inilah yang membuat sebagian umat Islam ikut membagikan foto Habib Alex di medsos.

Terkait Habib Alex yang ramai diperbincangkan, salah satu keturunan Syaikhona Kholil Bangkalan yakni Lora Muhammad Ismail Al-Kholilie angkat bicara. 

Melalui akun Facebook-nya, dzurriyah Mbah Kholil itu mengungkap fakta tentang sosok Habib Alex. Ia mengatakan jika Habib Alex merupakan keturunan salah satu wali besar di daerah Probolinggo.

"Saya pribadi tidak men-share karena jujur saya tidak kenal beliau (Habib Alex). Saya baru tahu kemarin bahwa beliau adalah putra Habib Shodiq bin Husin Al-Hamid Brani (seorang wali besar di daerah Probolinggo) dan konon beliau adalah seorang wali majdzub (yang perilakunya berbeda dengan manusia pada umumnya)," ujarnya di Facebook seperti dikutip Sabtu (7/10/2023).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan Lora Ismail

Lora Ismail tak mempermasalahkan orang-orang yang membagikan foto Habib Alex sebagaimana yang diamanatkannya, apalagi dengan berharap masuk dalam doa baiknya. Semuanya tergantung husnudzon yang mengunggahnya.

Ia kemudian mengutip cerita dari kitab Arrisalah Alqusyairiah.

‎و مر معروف بسقاء يقول: رحم اللّه من يشرب، و كان صائما فتقدم فشرب، فقيل له ألم تكن صائما؟ فقال: بلى، و لكنى رجوت دعاءه

"Suatu ketika Ma'ruf Al-Karkhi berpapasan dengan seseorang yang sedang membagikan minuman, orang tersebut berkata: semoga Allah mengasihi orang yang minum dari air ini. Ma'ruf maju untuk minum, lalu ditanya: bukankah engkau sedang puasa? Beliau menjawab: iya, namun aku membatalkan puasa karena mengharap doa orang tersebut."

Lora Ismail mengimbau agar tidak menyebar keyakinan negatif dengan menganggap atau bahkan menuduh bahwa orang yang tidak menyebar foto itu maka ia tidak akan mendapat berkah atau akan mendapat bala.

3 dari 3 halaman

Sosok Habib Alex

Setelah fotonya banyak diunggah di medsos, nama Habib Alex banyak dicari. Tak sedikit yang ingin tahu siapa sosok Habib Alex itu.

Nama Habib Alex mungkin terkesan asing, tak seperti Habib Umar bin Hafidz atau Habib Maulana Maulana Luthfi bin Yahya yang secara nama sudah populer di telinga masyarakat.

Habib Alex juga tak banyak terekspos di medsos. Ia semakin dicari-cari setelah fotonya banyak diunggah di medsos atau status pesan singkat.

Mengutip berbagai sumber, Habib Alex masih keturunan Rasulullah SAW. Ia mendapat gelar habib yang sering dinisbatkan kepada dzurriyah Nabi Muhammad SAW.

Nama lengkapnya adalah Al-Habib Muhammad (Alex) bin Muhammad Shodiq bin Al-'Arif Billah Al-Habib Husein (Brani) bin Hadi Al-Hamid, (Probolinggo). Ia juga disebut sebagai pengusaha yang berasal dari Desa Brani Kulon, Kecamatan Maron, Probolinggo.

Habib Alex juga dikenal sebagai wali majdub dan ahlul kasyaf dengan doa-doanya yang maqbul. Sosoknya mungkin terlihat aneh, namun di balik keanehan seorang wali majdub tersimpan banyak karomah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.