Sukses

Jadi Pengirim Jemaah Haji Terbanyak, Indonesia dan 2 Negara Ini Dapat Penghargaan dari Saudi

Indonesia menjadi negara pengirim jemaah haji terbanyak pada musim haji 1444 H/2023 M. Total Indonesia mendapatkan kuota 229.000 jemaah, dengan rincian 221.000 kuota dasar dan 8.000 kuota tambahan.

Liputan6.com, Jeddah - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tiga negara pengirim jemaah terbesar pada musim haji 1444 H/2023 M. Ketiga negara pengirim jemaah haji terbanyak tersebut adalah Indonesia, Pakistan, dan Bangladesh.

Indonesia tahun ini mendapat 221.000 kuota haji dari Arab Saudi. Selain itu, Indonesia juga mendapat kuota tambahan sebanyak 8.000. Dengan begitu, maka total kuota haji yang diperoleh Indonesia musim ini adalah 229.000 jemaah, terdiri atas haji reguler dan haji khusus.

Sementara kuota haji yang diperoleh Pakistan sekitar 179.000 jemaah dan Banglades 127.000 jemaah.

Penghargaan dan apresiasi ini diberikan oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Abdul Fattah Mashat kepada perwakilan pemerintah Indonesia yakni Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam. Penyerahan penghargaan dilakukan di Jeddah.

"Semalam, Kementerian Haji dan Umrah menggelar acara apresiasi di Jeddah untuk semua instansi yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji 1444 H. Indonesia, Pakistan, dan Banglades, sebagai representasi negara pengirim jemaah terbesar, mendapat apresiasi. Saya hadir mewakili Indonesia," ujar Nasrullah di Jeddah, Minggu (30/7/2023).

 

 

Dia menjelaskan, apresiasi diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kerja sama dalam proses pelayanan jemaah haji, utamanya selama masa kedatangan dan kepulangan jemaah.

"Jadi ini khususnya terkait dengan pelayanan di Jeddah, atas sinergi pelayanan dengan GACA, Wukala, Keamanan Bandara, termasuk dalam proses layanan fast track, dan program lainnya," katanya.

Ditambahkan Nasrullah, Indonesia tahun 2022 juga mendapat penghargaan yang sama dari Saudi. Saat itu, penghargaan diberikan kepada Indonesia, Pakistan, dan India. "Tahun ini, Indonesia kembali mendapat penghargaan, bersama Pakistan dan Bangladesh," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasional Haji Indonesia Masih Berlangsung

Sebagai informasi, operasional ibadah haji Indonesia hingga saat ini masih berlangsung. Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), tercatat hingga pukul 06.00 waktu Arab Saudi atau 10.00 WIB, sudah ada 188.251 jemaah haji yang pulang ke Tanah Air.

Mereka tergabung dalam 500 kelompok terbang (kloter). Pada fase kedatangan, tercatat ada 558 kloter yang tiba di Arab Saudi dengan 209.782 jemaah haji reguler.

"Sebagian jemaah haji reguler asal Indonesia, saat ini masih di Madinah. Kloter terakhir dari Madinah akan terbang pada 4 Agustus 2023 dan itu sekaligus menandai berakhirnya operasional haji Indonesia tahun ini," ucap Nasrullah menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.