Sukses

Hukum Selamatan Sambut Kepulangan Jemaah Haji, Bagaimana Pandangan Islam?

Di Jawa dan sejumlah daerah lain, ada tradisi tasyakuran menyambut kepulangan jemaah haji. Dalam bahasa Jawa, disebut dengan slametan, atau disebut pula dengan selamatan. Apa hukum dan bagaimana pandangannya dalam Islam?

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan jemaah haji Indonesia tiba di tanah air usai rangkaian ibadah haji 2023. Secara bertahap, jemaah haji akan tiba di kampung halamannya masing-masing.

Di berbagai daerah terdapat tradisi menyambut kepulangan jemaah haji. Biasanya, penyambutan ini seuntai senada dengan adat dan tradisi di masing-masing daerah.

Di Jawa dan sejumlah daerah lain, ada tradisi tasyakuran. Dalam bahasa Jawa, disebut dengan slametan, atau disebut pula dengan selamatan.

Keluarga biasanya mengadakan tasyakuran kepulangan jemaah haji. Mereka bersyukur dan berdoa agar jemaah haji mendapat keberkahan dari ibadah hajinya dan senantiasa diberi kesehatan.

Lantas bagaimana pandangan Islam mengenai selamatan atau tasyakuran? Bagaimana hukum tasyakuran menyambut kepulangan jemaah haji? 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hukum Tasyakuran Sambut Jemaah Haji

Mengutip laman NU Jatim, tradisi menyambut kedatangan orang telah bepergian jauh dibenarkan dalam Islam, termasuk dalam rangka menyambut kepulangan jamaah haji ke rumah. Imam Nawawi mengatakan, praktik ini hukumnya sunnah dan menyebutnya sebagai naqi’ah, yaitu hidangan yang dipersembahkan untuk menyambut kedatangan seseorang.

Berikut penjelasan Imam an-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah Muhadzdzab (4/400) menjelaskan:

يستحب النقيعة، وهي طعام يُعمل لقدوم المسافر ، ويطلق على ما يَعمله المسافر القادم ، وعلى ما يعمله غيرُه له

Artinya: Disunnahkan untuk mengadakan naqi’ah, yaitu hidangan makanan yang digelar sepulang safar. Baik yang menyediakan makanan itu orang yang baru pulang safar atau disediakan orang lain.

An-Nawawi mendasari penjelasannya itu dari hadis Nabi berikut:

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم لما قدم المدينة من سفره نحر جزوراً أو بقرةً ” رواه البخاري

Dalam hadits lain riwayat Imam Bukhari dari Abdullah bin Ja’far juga disebutkan.

 كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ تُلُقِّيَ بِنَا .فَتُلُقِّيَ بِي وَبِالْحَسَنِ أَوْ بِالْحُسَيْنِ . قَالَ : فَحَمَلَ أَحَدَنَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَالْآخَرَ خَلْفَهُ حَتَّى دَخَلْنَا الْمَدِينَةَ

Artinya: Jika Nabi SAW pulang dari safar, kami menyambutnya. Beliau menghampiriku, Hasan, dan Husain, lalu beliau menggendong salah satu di antara kami di depan, dan yang lain mengikuti di belakang beliau, hingga kami masuk kota Madinah. (HR Muslim).

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.