Sukses

Seperti Menolak Tua, Mbah Muin Jemaah Haji Lansia Pilih Jalan Kaki Ketimbang Kursi Roda

Meski kondisi fisiknya terlihat renta termakan usia, namun jemaah haji asal Kloter 45 Embarkasi Solo-Yogyakarta (SOC-45) ini masih bisa berjalan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menurunnya kondisi fisik akibat penuaan tak menyurutkan semangat Mbah Abdul Muin beribadah di Masjid Nabawi, Madinah. Jemaah haji berusia 90 tahun ini bahkan tidak mau menggunakan layanan kursi roda yang ditawarkan petugas.

Meski tak lagi bisa berdiri tegak, kakek Abdul Muin tak bergeming saat dibujuk petugas agar mau diantar menggunakan kursi roda.

Seperti menolak tua, dia tetap mantap menapakkan kakinya yang renta berjalan menyusuri pelataran Masjid Nabawi yang kala itu cuacanya cukup panas.

"Enggak usah, masih kuat," kata Mbah Muin menolak penawaran petugas untuk diantar menggunakan kursi roda.

Penolakan ini tak membuat Mubayyinah, salah satu Petugas Pelayanan Lansia PPIH Arab Saudi Daker Madinah menyerah. Dia ingin mengabdikan diri melayani tamu-tamu Allah, khususnya jemaah haji lansia. Namun bujukannya kembali ditolak Mbah Muin.

Mubayyinah akhirnya memahami. Dia tak mau merusak semangat jemaah haji lansia yang ingin beribadah secara mandiri. Dia pun hanya bisa menemani Mbah Muin berjalan kaki menuju Masjid Nabawi untuk melaksanakan sholat dzuhur berjamaah.

"Beliau berjalan kaki dari Raudhah, tidak mau memakai kursi roda. Bahkan orang Arab juga ada yang menawari kursi roda, beliau kekeh enggak mau," ujar Mubayyinah saat berbincang dengan tim Media Center Haji (MCH) PPIH Arab Saudi 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mbah Muin Sering Ikut Sholat Berjamaah di Masjid Nabawi

Meski kondisi fisiknya terlihat renta termakan usia, namun jemaah haji asal Kloter 45 Embarkasi Solo-Yogyakarta (SOC-45) ini masih bisa berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah jalannya masih lancar, pendengarannya bagus, penglihatannya juga bagus, dan tidak pikun," katanya.

Jemaah berusia hampir seabad ini juga masih sering mengikuti sholat berjamaah di Masjid Nabawi. Dia datang berjalan kaki bersama jemaah lain sesama rombongan dari hotel yang berjarak sekitar 500 meter dari Masjid Nabawi.

 

3 dari 3 halaman

Tahun Ini 67 Ribu Jemaah Adalah Lansia

Sebagai informasi, tahun ini pemerintah RI memberangkatkan jemaah haji dengan kuota penuh yakni 221.000. Dari angka tersebut, 30 persen di antaranya atau sekitar 67 ribu jemaah adalah lansia.

Banyaknya jemaah lansia yang diberangkatkan tahun ini merupakan imbas dari tidak adanya pemberangkatan haji pada 2020 dan 2021 serta pembatasan usia pada 2022 akibat pandemi. Akibatnya, jumlah jemaah lansia menumpuk.

Karena itu, pemerintah mengusung tagline 'Haji ramah Lansia' pada operasional haji kali ini untuk memberikan perhatian serius kepada para jemaah lansia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini