Sukses

Kisah Hajar Aswad Hilang 22 Tahun Akibat Tragedi Berdarah Qaramithah

Batu Hajar Aswad yang terletak di salah satu sisi Ka’bah dikatakan batu suci dari surga. Menciumnya mendapatkan pahala sunah, karena dahulu Nabi Muhammad SAW pernah menciumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Hajar Aswad yang terletak di salah satu sisi Ka’bah dikatakan batu suci dari surga. Menciumnya adalah sunnah dan akan mendapatkan pahala.

Sebab, dahulu Nabi Muhammad SAW pernah menciumnya.

Batu berwarna hitam ini bagi umat Islam sangat istimewa, orang dari penjuru dunia berebut ingin mencium, atau hanya menyentuhnya saja. Batu ini ikon sakral bagi umat Islam.

Jumlah orang yang ingin menyentuh dan menciumnya dalam satu tahun jutaan orang. Mereka berbondong-bondong ke kota suci Makkah, baik haji maupun umrah.

Namun begitu, ternyata dalam catatan sejarah, pernah hilang dicuri segerombolan perampok dalam tragedi berdarah.

Dilansir dari nu.or.id batu yang amat dimuliakan itu pernah dicuri oleh sekawanan perampok yang menyebabkan Ka’bah tanpa Hajar Aswad dalam waktu 22 tahun.

Tidak saja hilangnya batu suci itu, bersamaan dengan peristiwa tersebut terjadi pula pembantaian massal jemaah haji dan penduduk Makkah secara umum. Peristiwa kejam itu dilakukan oleh kelompok Qaramithah.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak Jamaah Haji Terbunuh di Makkah

Para sejarawan mencatat peristiwa ini dengan detail dalam kitab-kitab tarikh mereka, seperti Ibnu Katsir dalam Al-Bidâyah wan Nihâyah, Ibnul Atsir dalam Al-Kâmil fit Târîkh, Ibnu Jari ath-Thabari dalam Tarîkhul Umam wal Muluk, dan sejumlah sejarawan lain yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu. 

Ibnu Katsir dalam Al-Bidâyah wan Nihâyah cukup objektif dan komprehensif melaporkan hal ini. Berikut kisah lengkapnya. 

Sekali waktu di musim haji tahun 317 H/886 M, segerombolan perampok datang ke Makkah untuk berbuat onar. Mereka merupakan kelompok Qaramithah (termasuk Syiah Ismailiyah) di bawah pimpinan Abu Thahir Sulaiman bin Abu Said al-Husain al-Janabi.

Keberadaan mereka sangat ditakuti. Mendengar namanya saja, orang-orang Makkah segera mengamankan diri masing-masing. Kebetulan, jemaah haji dari Irak di bawah pimpinan Manshur ad-Dailami yang pada tahun ini ke Makkah menjadi sasaran empuk mereka.

Tepat pada hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah), orang-orang  Qaramithah merampas seluruh harta jamaah, bahkan tak segan membantai siapa saja jamaah yang mereka temui. 

Banyak jamaah yang terbunuh. Mayat-mayat mereka kemudian dibuang ke sumur Zam-Zam, ada juga yang dikubur di tanah Haram dan lokasi Masjidil Haram.

Tanpa dimandikan, dikafani, ataupun dishalati. “Tidak habis pikir, di bulan Dzulhijjah yang dimuliakan (termasuk asyhurul hurum), di tanah suci Makkah, bahkan di dekat Ka’bah, Qaramithah melakukan semua itu seolah merasa tak berdosa,” sesal sejarawan Muslim Ibnu Katsir dalam Al-Bidâyah wan Nihâyah

3 dari 4 halaman

Abu Thahir Perintah Copot Pintu Ka'bah dan Robek Kiswah

Abu Thahir membenarkan aksi jahatnya itu dengan legitimasi teologis: membawa nama Allah untuk melakukan pembunuhan. Bahkan dengan jumawa ia menantang tentara burung Ababil yang dulu pernah membinasakan Abrahah saat berniat menghancurkan Ka’bah. 

Entah apa yang merasuki Abu Thahir dan keroco-keroco Qaramithah itu, sampai-sampai kelakuannya seperti orang kesetanan. Abu Thahir sampai memerintahkan pasukannya untuk mencopot pintu Ka'bah, merobek-robek kiswahnya dan dibagikan ke pasukannya seolah bangga merayakan kemenangan.  

Ia juga menyuruh seseorang untuk menaiki bangunan suci itu dan mencopot talangnya. Karena orang itu jatuh tanpa sebab hingga meninggal, Abu Thahir membiarkan talang Ka'bah di posisinya.

Hingga akhirnya ia menyuruh seseorang untuk mencongkel Hajar Aswad dari Ka'bah dan membawanya pulang. Jelas ini masalah serius bagi umat Muslim. Ka'bah tanpa batu sakral itu rasanya sangat janggal.  

Merespons hal ini, Amir Kota Makkah bersama keluarga dan beberapa pengikutnya menyusul Qaramithah dan sebisa mungkin membujuk mereka agar mau mengembalikan Hajar Aswad. Sampai-sampai Amir rela memberikan seluruh hartanya asalkan batu hitam itu mau dikembalikan.  

Abu Thahir tidak menggubris permohonan Sang Amir. Bahkan Amir, keluarga, dan sejumlah pengikutnya tersebut dibantai habis. Tampaknya pasukan Amir bukan apa-apa di hadapan rombongan Qaramithah yang kuat dan bengis itu. 

4 dari 4 halaman

Kembalinya Hajar Aswad

Bersama pasukan Qaramithah, Abu Thahir dengan bangganya membawa pulang banyak harta jarahan dan Hajar Aswad di daerahnya, wilayah Hajr. Sejak saat itu Ka'bah tanpa Hajar Aswad selama 22 tahun. (Ibnu Katsir, Al-Bidâyah wan Nihâyah, 2015 juz 11, h. 172)

Afiliasi Fathimiyah 

Naga-naganya kelompotan Qaramithah ini sebenarnya orang-orang kafir dan zindiq yang selama ini belum banyak orang tahu. Demikian Ibnu Katsir melaporkan.

Mereka berafiliasi dengan kelompok Fathimiyah yang pada tahun itu berkuasa di wilayah Afrika bagian selatan tepatnya di Maroko. Pemimpin Fathimiyah itu bernama Abu Muhammad ‘Ubaidillah bin Maimun al-Qadah yang dijuluki Al-Mahdi.  

Fathimiyah merupakan satu-satunya dinasti yang secara resmi mengadopsi cabang Syiah Ismailiyah.  Melihat track record-nya, Al-Mahdi ini sebenarnya orang Yahudi yang berprofesi sebagai tukang emas dari daerah Salamiah, sebuah distrik di Suriah Barat. Ia bermigrasi ke Maroko dan mengaku sebagai seorang syarif (masih memiliki nasab ke Rasulullah) dari kalangan Fathimiyah.

Pengakuannya dipercayai begitu saja oleh orang-orang Barbar dan sejumlah masyarakat lainnya.   Ia kemudian mendirikan negara yang berpusat di Kota Sijilmasa, Maroko dan membuat kota baru bernama Al-Mahdiyah, dinisbatkan pada julukannya, Al-Mahdi.

Rupa-rupanya kelakuan Qaramithah ini sudah melewati batas. Sampai-sampai Al-Mahdi memarahi mereka melalui surat yang ia layangkan kepada Abu Thahir. Al-Mahdi sangat menyayangkan kecerobohan mereka. Karena, dengan demikian watak asli mereka yang selama ini tidak banyak orang tahu terbongkar sudah.  

Al-Mahdi meminta Abu Thahir untuk segera mengembalikan Hajar Aswad yang dicurinya setelah 22 tahun berada dalam genggamannya. Tepat pada bulan Dzulhijjah tahun 339 H/ 908 M, Hajar Aswad kembali lagi ke pangkuan Ka'bah. (Shalih bin Muhammad az-Zamam, Nawâdirun Minat Târîkh, 2017: juz 3, h. 346).

Demikianlah kisah tragedi Qaramithah yang memilukan. Kita bersyukur, saat ini Makkah, Arab Saudi menjadi kota yang aman. Setiap tahunnya ada jutaan umat Muslim melawat ke Kota Suci itu untuk menunaikan ibadah haji dengan aman dan selamat.

Penulis: Nugroho Purbo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.