Sukses

Pesan Haru Bupati Saat Melepas 1.204 Jemaah Haji Asal Banyumas

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein melepas secara resmi 1.204 jemaah haji asal Banyumas di Pendopo Si Panji Purwokerto

Liputan6.com, Banyumas - Bupati Banyumas Ir Achmad Husein melepas secara resmi 1.204 jemaah haji asal Banyumas di Pendopo Si Panji Purwokerto, Sabtu (3/6/2023). Calon jamaah haji ini nantinya akan diberangkatkan pada 14 dan 15 Juni mendatang dengan 5 kloter pemberangkatan.

Dalam kesempatan tersebut Husein berpesan kepada para jemaah haji untuk bersikap istiqamah dan tawadhu sebagai tamu Allah dengan memantapkan niat serta menjaga hati untuk tulus, ikhlas dan tetap menjaga kesehatan.

“Jangan lupa melakukan orientasi lapangan untuk mengenal dan memahami lingkungan sekitar pondok/hotel. Itu penting, agar nantinya tidak terjadi ‘keder’ atau lupa arah,” katanya, dalam keterangan tertulis, ditulis Minggu (4/6/2023).

Ia juga menekankan pentingnya untuk selalu melapor kepada ketua regu ketika berpergian dan menyarankan untuk tidak bepergian sendiri. Kepada para jamaah juga dihimbau untuk membawa bekal secukupnya mengingat suhu yang relatif panas di Tanah Suci dan memperbanyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

Selain itu, lanjutnya, jangan lupa memakai gelang pengenal yang terdapat kode batang (barcode), sehingga ketika ada yang tersesat dapat mudah dikenali.

“Titip doakan masyarakat Banyumas untuk selalu sehat, makmur, aman, tentram dan damai,” ucap Husein.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Jemaah Haji

Perwakilan Jemaah Ibnu Hasan mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas karena telah dengan baik melayani dan menyiapkan segala proses pemberengkatan.

“Kami mohon doa kepada seluruh warga Banyumas, khususnya Bapak dan Ibu Bupati bersama Forkopimda agar kami dapat menjalankan ibadah dengan lancar dari pemberangkatan hingga kembali,” ucap Ibnu Hasan.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyumas Ibnu Asadudin mengatakan jumlah jamaah calon haji Banyumas mencapai 1.204 orang yang terbagi dalam beberapa kelompok terbang (kloter) dan akan diberangkatkan mulai 14 Juni 2023.

"Insya Allah sehat semua dan siap berangkat. Petugas hajinya juga sehat semua," katanya.

Namun ia mengaku masih was-was terhadap 35 orang calon jamaah haji asal Banyumas yang sebelumnya masuk daftar cadangan dan rencananya akan diberangkatkan bersama kloter sapu jagat yang belum diketahui akan bergabung dengan kabupaten mana. 35 orang calon jamaah haji tersebut sudah dibekali meskipun hanya dalam waktu dua hari.

"Mudah-mudahan bisa mengikuti karena sebagian besar non-KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah)," jelasnya.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.