Sukses

Na'udzubillah, Golongan yang Digiring ke Padang Mahsyar dengan Kepala di Bawah Kaki di Atas

Rasulullah SAW bersabda, saat digiring ke Padang Mahsyar, mereka terbagi menjadi tiga golongan

Liputan6.com, Jakarta - Semua umat manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar pada hari Kiamat. Mereka akan datang tanpa bisa menyembunyikan perbuatan selama di dunia.

Sebab, masing-masing orang akan mendatangi Padang Mahsyar dengan berbagai bentuk. Ada yang wajahnya bercahaya, ada juga yang suram dan legam.

Amal dan perbuatan di dunia akan terlihat dari bagaimana rupa seseorang di Padang Mahsyar.

Ustadz Nur Rohmad, dalam Kajian Kitab Jauharatut Tauhid yang disiarkan Kanal Youtube NU Online, mengungkapkan dalam salah satu hadis Rasulullah SAW bersabda, saat digiring ke Padang Mahsyar, mereka terbagi menjadi tiga golongan.

Golongan pertama adalah yang menaiki kendaraan. Kedua, golongan yang berjalan kaki. Sedangkan golongan ketiga adalah mereka yang berjalan dengan kepala di bawah kaki di atas.

Lantas, siapa saja mereka?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Golongan yang Naik Kendaraan dan Berjalan Kaki

Pertama adalah golongan yang menaiki kendaraan. Golongan ini menurut penjelasan para ulama berjalan menuju Padang Mahsyar dengan fasilitas-fasilitas seperti makanan, pakaian, dan menaiki unta yang pelananya terbuat dari emas.

“Mereka adalah para orang-orang yang bertakwa, para nabi, para rasul, para wali, dan seterusnya,” jelas Ustadz Nur Rohmad,dalam kajiannya, dikutip dari laman NU, Selasa (20/5/2023).

Golongan yang kedua, lanjutnya, adalah golongan yang berjalan kaki. Golongan ini berjalan dengan tanpa alas kaki namun tidak memakai pakaian sehelaipun alias telanjang. Terkait dengan hal ini Aisyah pernah bertanya kepada Rasulullah terkait apakah mereka tidak saling melihat aurat.

“Mereka tidak sempat untuk melihat aurat orang lain. Kenapa? karena sibuk dengan urusan masing-masing,” jelasnya mengutip hadits Rasulullah saw.

Golongan ini tidak terpengaruh dengan kecantikan, kemolekan, dan ketampanan orang lain atau melihat aurat orang lain karena sibuk dengan urusan diri sendiri. Golongan ini adalah golongan orang-orang yang muslim, tetapi menjadi pelaku dosa-dosa besar.

 

3 dari 3 halaman

Golongan yang Kakinya di Atas Kepalanya di Bawah

Kemudian golongan orang ketiga adalah golongan yang berjalan ke Padang Mahsyar namun kakinya di atas dan kepalanya di bawah. Golongan ketiga ini berjalan dengan kepala mereka diseret oleh malaikat. Inilah golongan orang-orang kafir.

Di Padang mahsyar nanti, matahari hanya akan berjarak 1 mil dari kepala manusia. Semua yang ada di situ akan merasakan panasnya sengatan matahari sampai tubuhnya hancur, kulitnya tercabik-cabik dan tulangnya berserakan. Namun Allah akan mengganti dengan kulit baru, lalu dibangkitkan kembali agar merasakan adzab, dan begitu seterunya.

Hal ini termaktub dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa' Ayat 56 yang artinya: “Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan adzab.”

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.