Sukses

Jemaah Haji Kloter Pertama Langsung Bisa Sholat Arbain Mulai Zuhur Hari Ini

Petugas bimbingan ibadah per-kloter diminta untuk mengedukasi jemaah haji, khususnya lansia untuk tetap mengutamakan kesehatan fisik dan tidak memaksakan melakukan ibadah sunah.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji Indonesia kloter pertama dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) telah sampai di Madinah pada Rabu (24/5/2023) pagi Waktu Arab Saudi (WAS). Jemaah yang berjumlah 390 orang ini langsung menempati hotel Grand Plaza Badr Al-Maqam yang terletak tidak jauh dari Masjid Nabawi.

Jemaah yang diangkut dengan 9 bus ini disambut hangat oleh para petugas sejak di Bandara Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah hingga ke penginapannya.

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Jemaah Haji Lansia dan Disabilitas Daerah Kerja (Daker) Madinah, Arief Nurrawi menyebut, jemaah akan mulai melaksanakan sholat arbain atau sholat 40 waktu berjamaah mulai Zuhur ini.

"Perkiraannya jika melihat waktu sekarang mereka akan mulai sholat Arbain setelah Zuhur," kata Arief.

Meskipun demikian Arief meminta kepada para petugas bimbingan ibadah per-kloter untuk mengedukasi jemaah, khususnya lansia untuk tetap mengutamakan kesehatan fisik dan tidak memaksakan melakukan ibadah sunah. Sehingga nanti diharapkan bisa mengikuti prosesi ibadah haji hingga akhir dengan baik.

"Para petugas bimbingan ibadah kloter, saya sarankan untuk memberitahu para jemaah untuk tidak memaksakan ibadah-ibadah sunah yang bisa mengakibatkan kelelahan saat nanti melaksanakan rukun dan wajib haji," kata Arief.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

12 Jemaah Butuh Penanganan Khusus

Arief juga menyampaikan di kloter I ini terdapat 12 jemaah haji yang memerlukan penanganan khusus dari petugas bidang kesehatan.

"Jemaah dengan kebutuhan khusus, termasuk mereka yang kelelahan akan langsung ditangani oleh tim EMT (Emergency Medical Team) PPIH Arab Saudi melalui screening," pungkasnya.

Sebagai informasi, hari ini ada 6.383 jemaah haji yang terbagi dalam 16 kloter tiba secara bertahap di Bandara AMAA Madinah.

Ribuan jemaah haji gelombang I yang tiba pada hari pertama kedatangan ini berasal dari delapan embarkasi, yaitu Jakarta - Pondok Gede (JKG), Jakarta - Bekasi (JKS), Solo (SOC), Makassar (UPG), Aceh (BTJ), Kualanamu/Medan (KNO), Batam (BTH), dan Surabaya (SUB) yang tiba di Madinah, Arab Saudi.

Berikut rinciannya:

  1. JKG 01, mendarat 06:20 WAS (Garuda Indonesia)
  2. SOC 01, mendarat 09:15 WAS (Garuda Indonesia)
  3. UPG 01, mendarat 10:20 WAS (Garuda Indonesia)
  4. BTJ 01, mendarat 11:20 WAS (Garuda Indonesia)
  5. KNO 01, mendarat 12:20 WAS (Garuda Indonesia)
  6. JKG 02, mendarat 13:20 WAS (Garuda Indonesia)
  7. BTH 01, mendarat 14:20 WAS (Saudia Airlines)
  8. SUB 01, mendarat 15:15 WAS (Saudia Airlines)
  9. SOC 02, mendarat 15:20 WAS (Garuda Indonesia)
  10. JKS 01, mendarat 16:25 WAS (Saudia Airlines)
  11. SUB 02, mendarat 17:15 WAS (Saudia Airlines)
  12. JKS 02, mendarat 18:25 WAS (Saudia Airlines)
  13. JKG 03, mendarat 18:35 WAS (Garuda Indonesia)
  14. SUB 03, mendarat 19:15 WAS (Saudia Airlines)
  15. SOC 03, mendarat 20:40 WAS (Garuda Indonesia)
  16. BTH 02, mendarat 23:55 WAS (Saudia Airlines)
3 dari 3 halaman

390 Jemaah Haji Kloter 1 JKG Tiba di Madinah, Disambut Langsung Wamen Haji Saudi

Sebanyak 390 jemaah haji Indonesia kloter 1 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) telah tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah hari ini, Rabu 23 Mei 2023 pukul 6.40 Waktu Arab Saudi (WAS) atau 10.40 WIB. Kedatangan kloter pertama jemaah haji Indonesia ini disambut langsung oleh perwakilan Kerajaan Arab Saudi.

Hadir dalam upacara penyambutan jemaah haji Indonesia di Terminal Fast Track Bandara AMAA Madinah, Wakil Menteri Haji Bidang Ziarah Arab Saudi Abdurrahman Al Bijawi, Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Azis Ahmad, Pelaksana Harian Konjen RI Jeddah Siti Nizamiyah, Konsul Haji Arab Saudi Nasrullah Zasam, Kepala Perlindungan Warga (KPW) Neni Kurniati, Staf Teknis Imigrasi Misnal Ariyanto, dan Ketua PPIH Subhan Cholid bersama jajaran lainnya.

Pantauan di lokasi, para jemaah haji langsung diarahkan menuju bus begitu keluar dari Terminal Fast Track Bandara AMAA Madinah. Sedikitnya ada sekitar sembilan  jemaah lansia yang keluar dari bandara dengan didorong menggunakan kursi roda oleh petugas PPIH Arab Saudi.

Adapun jumlah jemaah haji kloter 1 Embarkasi JKG ini 390 orang terdiri dari 163 jemaah pria, 219 jemaah wanita, dan 8 petugas kloter. Dari jumlah tersebut, 185 di antaranya adalah jemaah lansia.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Azis Ahmad mengatakan, penyambutan kedatangan jemaah haji kloter 1 ini sangat bagus dan sudah berjalan dengan baik. Terlebih ada acara tabur bunga dan selawat Tola'al Badru saat jemaah tiba di Terminal Fast Track Bandara Madinah.

"Saya rasa semua sudah berjalan dengan baik. Hal ini harus dipertahankan dan tingkatkan lagi teknis penyambutan kedatangan jemaah di Arab Saudi," kata Abdul Aziz usai menyambut kedatangan jemaah haji di Bandara AMMA Madinah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini