Sukses

Balapan WSBK Libur Panjang, Toprak Razgatlioglu Tunggu Momen Buka Puasa Bersama dengan Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Pata Yamaha Prometeon, Toprak Razgatlioglu termasuk pembalap muslim di World Superbike atau WSBK yang menjalani ibadah puasa. Setelah balapan di WSBK Mandalika pada 5 Maret lalu, Toprak menjalani jeda yang panjang.

Soalnya seri ketiga di WSBK Belanda di Sirkuit Assen baru digelar pada 21-23 April mendatang. Namun itu bukan berarti, Toprak tanpa aktivitas.

Ramadhan kali ini juga digunakannya untuk berkegiatan. Berdasarkan postingannya di instagram, setelah balapan di sirkuit Mandalika, Toprak tampak berlatih tinju dan juga menembak.

Dia sempat pulang ke Turki untuk mempromosikan sebuah produk di Pirlanta Goztepe. Dia pun akhirnya kembali membalap saat melakukan tes dengan Yamaha di sirkuit Montmelo Barcelona pada 30-31 Maret 2023.

"Saya menyukai ramadhan dan saya menunggu hari pertama puasa. Karena ini sangat baik. Semua orang tidak makan dan di malam hari, Anda makan bersama keluarga. Ini sangat baik," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toprak Makin Percaya Diri di WSBK 2023

 

Di luar itu, Toprak sedang gembira karena Yamaha sudah melakukan pembaruan dan pengaturan di kelistrikan mereka. Motorpun sudah diuji di sirkuit Montmelo, Katalunya, Barcelona.

"Bagi saya, hari pertama tes tidak buruk karena kami mencoba pengaturan baru pada motor saya, dan kami mencoba meningkatkan performanya. Saya sangat senang, saya menikmati setiap waktu saya bersama motor ini," kata Toprak seperti dilansir situs WSBK.

"Saya merasa baik karena (pengaturan) kelistrikan yang baru, membuat motor ini levelnya jauh lebih baik. Motornya semakin baik dan saya harap besok kami bisa meningkat lagi," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Toprak Sempat Crash

 

Toprak berada di urutan keenam pada sesi uji coba tersebut dengan catatan waktu 1 menit 41,433 detik, meskipun ia sempat terlibat dalam kecelakaan (crash) yang membuatnya kehilangan beberapa posisi dan waktu.

Juara Dunia WSBK 2021 itu mengalami penurunan saat keluar dari Tikungan 2 beberapa jam setelah berpacu. Namun, ia tetap merasa positif karena motor mampu beradaptasi dengan baik dan melaju dengan kencang serta stabil.

"Kami akan mencoba lagi hal-hal baru lainnya untuk meningkatkan (performa) motor karena Kejuaraan WSBK masih sangat panjang. Kami membutuhkan motor yang bagus untuk bertarung," ujar pebalap asal Turki itu.

Sementara itu, Toprak memiliki satu kemenangan atas namanya pada tahun 2023 sejauh ini, yakni Tissot Superpole Race di Mandalika, meskipun ia memiliki lima podium dari enam balapan musim ini. Satu-satunya balapan yang tidak membuatnya naik podium adalah Race 2 di Phillip Island, Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.