Sukses

Kiat-Kiat Agar Mudah Bangun untuk Sholat Malam

Bagi sebagian orang ibadah di sepertiga malam menjadi hal yang cukup sulit dilakukan, berikut ini kiat yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Ramadhan seluruh amal ibadah yang dijalani akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Tak hanya ibadah puasa, ada banyak ibadah lain yang bisa kita lakukan seperti salah satunya sholat malam. 

Semua umat muslim pasti tahu sepertiga malam terakhir jadi waktu paling utama untuk mendekatkan diri dan beribadah kepada Allah SWT. Waktu tersebut juga dikatakan sebagai waktu yang tepat untuk sholat dan memohon kepada Allah SWT.

Terlebih lagi ketika kita beribadah pada sepertiga malam akan semakin bertambah khusyuk dan juga khidmat. Dengan begitu kita akan lebih fokus beribadah. Namun, bagi sebagian orang ibadah di sepertiga malam menjadi hal yang cukup sulit dilakukan. Hal tersebut lantaran banyak yang sulit untuk bangun malam hari meskipun sudah memiliki niat yang kuat.

Jika kalian merupakan salah satu orang yang sulit untuk bangun sholat malam, ada baiknya kalian mengikuti kiat dari Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya 'Ulumiddin. Dilansir dari Dream.co.id, kiat tersebut terdiri dari kiat lahiriah dan juga batiniah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiat Lahiriah

Kiat lahiriah pertama yang bisa dilakukan agar mudah bangun di sepertiga malam terakhir untuk beribadah, yaitu dengan tidak makan berlebih. Hal ini menurut Imam Al Ghazali, banyak makan bisa membuat kita banyak tidur dan susah bangun.

selanjutnya , kurangilah aktivitas di siang hari agar tidak kelelahan. Selanjutnya, kalian dianjurkan untuk selalu menjalankan qailulah (tidur sebentar) di siang hari. Aktivitas ini nantinya akan memudahkan kita bangun di malam hari. Keempat, hindari melakukan perbuatan dosa di siang hari. Hal ini mampu mengikat jiwa kita sehingga tidak bisa bangun di malam hari.

3 dari 3 halaman

Kiat Batiniah

Sementara itu untuk kiat batiniah terdiri dari menjauhkan diri dari sifat iri, dengki, serta hasut. Selain itu kurangi juga rasa suka berlebihan terhadap duniawi. Selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah menambah rasa takut (khauf) atas azab dan siksaan Allah dalam diri kita. 

Selain itu, kalian dianjurkan untuk menambah pengetahuan tentang keutamaan-keutamaan qiyamul lail yang terdapat dalam Alquran dan hadits. Terakhir, perkuatlah keimanan dan kecintaan kita kepada Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.