Sukses

Haul dan Peringatan Isra Miraj di Kambitin, Meneladani Sikap Guru Sekumpul

Jamaah memadati Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan untuk mengikuti peringatan Isra Miraj sekaligus Haul Akbar Ke-18 K.H. Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul) di Majelis Nurul Anwar Desa Kambitin

Liputan6.com, Tabalong - Jamaah memadati Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan untuk mengikuti peringatan Isra Miraj sekaligus Haul Akbar Ke-18 K.H. Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul) di Majelis Nurul Anwar Desa Kambitin.

Kepala Bappedalitbang Tabalong Muhammad Noor Rifani mewakili Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengaku terkejut lantaran jamaah yang terdiri atas orang tua, remaja, dan anak berjalan cukup jauh dari Kota Tanjung ke Desa Kambitin untuk memperingati Isra Miraj sekaligus Haul Guru Sekumpul.

"Tidak disangka Desa Kambitin yang jauh dari Kota Tanjung dipadati ribuan jamaah," katanya melalui keterangan tertulis di Tanjung, Minggu.

Majelis Nurul Anwar Kambitin asuhan Guru Fahmi Anshari tersebut menggelar peringatan Isra Miraj dan Haul Akbar Guru Sekumpul dengan mengundang Habib Muhammad Bagir bin Idris Alaydrus dari Jakarta.

Di hadapan jamaah, Habib Muhammad Bagir mengajak umat Islam meneladani sikap Guru Sekumpul yang menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain.

Ia mengungkapkan almarhum Guru Sekumpul tidak pernah mencela siapa pun saat menyampaikan ceramah atau syiar agama.

"Jaga lisan kita dari mencela orang lain. Ikuti guru-guru kita. Guru Sekumpul kepada orang yang memusuhinya, dia doakan. Dia tersenyum kepada siapa pun. Mari ikuti apa yang dicontohkan," ujar dia, dikutip Antara.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suasana di Desa Kambitin

Direktur Majelis Anwar Kambitin Muhammad Rus'an mengapresiasi antusias jamaah memadati lokasi peringatan Isra Miraj.

Sejumlah warga Desa Kambitin sudah siap menyambut tamu kegiatan itu dan menyediakan makanan gratis.

"Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh warga Desa Kambitin atas kebaikan hati dan kecintaan mereka kepada Abah Guru Sekumpul," ujar Rus'an.

Ketua Yayasan dari Majelis Nurul Anwar, Erlina Effendi Ilas, menambahkan partisipasi jamaah yang tinggi mampu menyukseskan acara tersebut.

"Semoga Allah limpahkan karunia-Nya di Desa Kambitin ini. Walau jauh dari kota ke Desa Kambitin akan mewarnai syiar-syiar keislaman," ujar Erlina Effendi yang dikenal juga sebagai Ketua KS2 Tabalong.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.