Sukses

Lirik Sholawat Asyghil yang Akan Dilantunkan pada Puncak Harlah 1 Abad NU Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu yang istimewa dalam puncak Harlah 1 Abad NU, 7 Februari 2023 adalah dibacakannya sholawat asyghil. Tentu ada alasan kuat kenapa sholawat ini secara khusus dilantunkan.

Sholawat Asyghil memiliki makna sebagai permohonan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW. Di sisi lain, sholawat ini juga doa meminta keselamatan dan dijauhkan dari orang-orang yang dzalim.

Lebih istimewa, sholawat asyghil akan dibawakan oleh empat anak yang telah terpilih dari 600 lebih peserta audisi. Mereka akan melantunkan sholawat ini di hadapan nahdliyin, dan juga Presiden Joko Widodo dan ratusan ulama internasional yang hadir dalam resepsi Harlah seabad NU.

“Vokalis terpilih akan tampil secara langsung di hadapan Presiden Joko Widodo dan ratusan ulama internasional dari berbagai belahan dunia, serta jutaan pasang mata yang menyaksikannya dari layar kaca,” kata Rahmat Hidayat Pulungan di kantor PBNU Jalan Kramat Raya 164 Jakarta, dikutip dari nu.or.id, Senin (23/1/2023).

Berikut ini adalah lafal atau lirik sholawat Asyghil, lengkap tulisan arab, latin, terjemah, serta penjelasan keutamaannya.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Lirik Sholawat Asyghil: Arab, Latin dan Terjemahnya

 

Lirik Sholawat Asyghil: Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia 

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad

Ya Allah, berikanlah sholawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad

وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ

wa asyghilizh zholimin bidz zholimin

Dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya.

وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ

wa akhrijna min bainihim salimin

Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka.

وَعَلَي الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in

Dan limpahkanlah sholawat kepada seluruh keluarga dan para sahab

3 dari 3 halaman

Keistimewaan Sholawat Asyghil

Berikut adalah keistimewaan sholawat asyghil, mengutip dari berbagai sumber:

1. Diterima Sholatnya

Orang yang tidak membaca sholawat dalam sholatnya maka tidak akan diterima Allah. Kunci diterimanya Sholat adalah harus membaca sholawat.

2. Dimohonkan Ampun Malaikat

Dalam hadist yang diriwayatkan dari Abdullah ibnu Amir ibnu Rabi'ah : Barang siapa yang mengucapkan sholawat untukku sekali, maka para malaikat terus-menerus memohonkan ampunan buatnya selama ia masih membaca salawat. Karena itu, hendaklah seseorang hamba membaca salawat, baik banyak ataupun sedikit.

3. Mendapatkan Keutamaan

Berdasarkan hadis Rasulullah SAW menerangkan: "Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya." (HR. Nasai)

Semoga bermanfaat. Wallahua'lam.

Tim Rembulan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS