Sukses

4 Pesantren Terbaik di Pulau Jawa, Lulusannya Tak Perlu Diragukan Lagi!

Liputan6.com, Jakarta - Pendidikan di Indonesia terbilang unik jka dibandingkan dengan negara lain. Salah satu penyebabnya adalah karena agama Islam telah menjadi bagian dari sejarah bangsa.

Hal ini dapat dilihat dari keberadaan pondok pesantren yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam.

Tidak sedikit pula orang tua yang memutuskan untuk memasukkan anaknya ke pesantren. Maka tidak heran jika saat ini pesantren di Indonesia berkembang semakin baik.

Saat akan memondokkan anaknya, tentu orangtua akan mencari yang terbaik. Di Indonesia, terdapat puluhan ribu pondok pesantren.

Pun di Jawa, terdapat ribuan pesantren yang bisa menjadi tujuan menuntut ilmu. Kali ini, Liputan6.com mengetengahkan empat di antaranya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

4 Pesantren Terbaik di Pulau Jawa

1. Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo

Pondok Pesantren Gontor berdiri pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur. Pondok ini didirikan oleh tiga bersaudara putra KH Santoso Anom Besari yaitu KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie dan KH Imam Zarkasyi yang kemudian dikenal dengan istilah Trimurti. Pondok Pesantren Gontor merupakan pelopor dan inovator pesantren modern, yang dulunya bernama Ponpes Darussalam Gontor.

Adapun beberapa lulusan pesantren gontor yang sudah menjabat di beberapa dinas di Indonesia antara lain:

  1. Abdurrahman Mohammad Fachir, Dr. (Wakil Menteri Luar Negeri RI)
  2. Adnan Pandu Praja (Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi)
  3. Ahmad Satori Ismail, Prof. (Ketua Ikatan Dai Indonesia)
  4. Din Syamsuddin, Prof. (Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah dan MUI)
  5. Hidayat Nur Wahid, Dr. (Wakil Ketua MPR RI & Mantan Ketua MPR RI)

dan masih banyak lagi alumni lainnya.

2. Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang

Pesantren Tebuireng merupakan salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Pesantren ini didirikan pada 1899 oleh salah satu ulama besar pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari. Di samping pelajaran ilmu syari’at, bahasa Arab dan Agama Islam, pondok pesantren ini juga memasukan pelajaran umum ke dalam struktur pembelajarannya.

Berikut beberapa lulusan tersohor dari Pesantren Tebuireng diantaranya:

1.Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI) 

2.Abdurrahman Wahid (mantan presiden RI ke )

3.Kyai Siddiq (Tokoh yang membuat dokumen Islam dengan Pancasila) 

3. Pesantren Sukamanah 

Pesantren Sukamanah sendiri merupakan salah satu pesantren terbaik yang ada di daerah Tasikmalaya. Pesantren ini didirikan oleh K.H. Zainal Musthafa pada tahun 1927. Beliau mendirikan Pesantren Sukamanah setelah pulang dari ibadah haji di tahun yang sama. Awal mula berdirinya pesantren ini, para santrinya masih berasal dari daerah sekitar Tasikmalaya. Namun, sekarang sudah banyak santri-santri yang berasal dari luar daerah datang untuk menuntut ilmu di pesantren ini.

4. Daarut Tauhiid

Lahirnya Daarut Tauhiid (DT) berawal dari kegiatan kelompok pengajian yang dipelopori KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) pada Ramadhan 1407 H atau bertepatan dengan tahun 1986. Kelompok pengajian tersebut diberi nama Kelompok Mahasiswa Islam Wirausaha (KMIW). Seiring semakin banyaknya program yang dilakukan KMIW dan melakukan studi banding ke beberapa pesantren, khususnya di wilayah Jawa Barat, maka pada tahun 1990 KMIW namanya diubah menjadi Yayasan DT, tepatnya pada tanggal 4 September 1990 yang dikukuhkan dengan Akta Notaris Wiratni Ahmadi, S.H. No. 8.  

Penulis : Putry Damayanty

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS