Sukses

Kisah Rasul Ulul Azmi, Meneladani Ketabahan dan Kesabaran Luar Biasa

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu masih ingat perbedaan antara Nabi dan Rasul? Nabi merupakan manusia pilihan yang diutus oleh Allah SWT dan membawa ajaran agama yang dibawa Rasul sebelumnya. Sedangkan Rasul juga merupakan utusan Allah SWT namun bertugas dalam mengajarkan agama atau wahyu baru pada masyarakat umum.

Berikut 25 nama nabi dan rasul yang wajib diketahui: 

1.Nabi Adam As

2.Nabi Idris As

3.Nabi Nuh As

4.Nabi Hud As

5.Nabi Saleh As

6.Nabi Ibrahim As

7.Nabi Luth As

8.Nabi Ismail As

9.Nabi Ishaq As

10.Nabi Yakub As

11.Nabi Yusuf As

12.Nabi Ayyub As

13.Nabi Syu’aib As

14.Nabi Musa As

15.Nabi Harun As

16.Nabi Zulkifli As

17.Nabi Daud As

18.Nabi Sulaiman As

19.Nabi Ilyas As

20.Nabi Ilyasa As

21.Nabi Yunus As

22.Nabi Zakaria As

23.Nabi Yahya As

24.Nabi Isa As

25.Nabi Muhammad S.A.W

Dari 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui oleh umat islam, 5 diantaranya merupakan nabi dan rasul pilihan yang disebut Ulul Azmi. Merupakan suatu gelar istimewa yang diberikan kepada beberapa nabi dan rasul yang memiliki ketabahan dan tingkat kesabaran luar biasa. Khususnya ketika mereka sedang menjalankan ajaran dan dakwah serta menyebarkan agama Islam. 

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Mukjizat Rasul Ulul Azmi

Ciri-ciri Rasul Ulul Azmi 

  • Memiliki seruan dakwah dan ajaran yang universal untuk semua umat manusia bahkan juga jin dan makhluk Allah SWT lainnya
  • Mengajarkan dan menyampaikan ajaran agama Islam beserta dengan syariatnya
  • Menerima sebuah perjanjian dan juga wasiat dari Allah SWT
  • Mempunyai kesabaran, ketabahan, serta tekad yang kuat
  • Selalu berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah swt supaya kaumnya diberikan hidayah dan rahmat-Nya
  • Selalu memohon dan berdoa kepada Allah SWT supaya kaumnya tidak menerima azab 

Sementara untuk nama nama nabi dan rasul yang termasuk ulul azmi sudah Allah terangkan dalam Alquran. 

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.” (Q.S. Al-Ahzab ayat 7). 

1. Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS merupakan nabi pertama yang memperoleh wahyu. Ia diwajibkan untuk menyampaikan kepada para umatnya. Nabi Nuh AS mendapatkan gelar Ulul Azmi karena memiliki kesabaran dan ketabahan yang luar biasa saat menyebarkan ajaran agama Islam.

Meski banyak menerima hinaan dan penolakan, namun Nabi Nuh AS selalu sabar dan memiliki tekad yang kuat untuk tetap menyebarkan agama Islam

2. Nabi Ibrahim AS

Seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Ibrahim AS merupakan bapak atau ayah dari semua nabi. Nabi Ibrahim AS sangat dihormati dan dihargai oleh tiga pemeluk agama, yaitu Islam, Kristen dan Yahudi.

Nabi Ibrahim merupakan salah satu nabi yang ikut berkontribusi dalam membangun Ka’bah yang ada di Makkah. Keyakinan serta keteguhan yang kuat terhadap agama Islam dimulai dari pencariannya terhadap Allah SWT Tuhan semesta alam.

3. Nabi Musa AS

Nabi Musa AS hidup di zaman kerajaan Firaun. Dimana Firaun merupakan seorang raja yang terkenal dengan kekejamannya. Di zaman itu, bahkan hampir seluruh manusia patuh, dan menyembah Firaun, kecuali Nabi Musa AS dan para pengikutnya.

Mereka sangat menentang ajaran Firaun yang menyesatkan. Dengan keberanian serta tekad yang kuat, Nabi Musa AS menyampaikan ajaran agama Islam kepada para pengikut Firaun.

4. Nabi Isa AS

Nabi Isa AS adalah satu-satunya nabi yang dilahirkan tanpa seorang ayah. Ia lahir dari ibu yang bernama Siti Maryam. Karena kejadian itu Siti Maryam mendapatkan banyak fitnah dari kaum Yahudi.

Lalu ditengah badai cacian dan hinaan yang diterima oleh Siti Maryam, Nabi Isa AS yang saat itu masih bayi mendapatkan mukjizat dari Allah SWT. Ia bisa berbicara dan menjelaskan semua hal yang terjadi pada dirinya dan ibunya.

5. Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad adalah nabi serta rasul terakhir di muka bumi ini, sekaligus menjadi penutup nabi terdahulu. Nabi Muhammad telah dipilih Allah SWT untuk menyempurnakan ajaran-ajaran agama Islam dan kemudian diberi mukjizat yang sangat luar biasa.

Mukjizat itu adalah Al Quran, yang menjadi kitab suci dan pedoman hidup bagi umat Islam.

Penulis : Putry Damayanty

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS