Sukses

Terbukti Fungsi Gunung Seperti Disebut dalam Al-Qur'an, Penyeimbang dan Pasak Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Letusan gunung berapi seperti yang terjadi di Jawa Timur yakni erupsi Gunung Semeru memang membuat ketakutan warga sekitar. Namun di balik amukannya, ternyata gunung memiliki fungsi untuk menyeimbangkan bumi.

Fungsi gunung sebagai penyeimbang bumi disebutkan dalam Al-Qur’an surah An-Nahl ayat 15.

وَاَلْقٰى فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَاَنْهٰرًا وَّسُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ. 

Artinya: “Dan Dia menancapkan gunung di bumi agar bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk.”

Menurut Tafsir Tahlili, salah satu poin dari ayat ini menjelaskan tentang fungsi gunung di muka bumi. Ayat tersebut menjelaskan bahwa bahwa Allah SWT menciptakan gunung sebagai pemelihara bumi sehingga dapat berputar dengan tenang. 

Ketenangan bumi diumpamakan dengan tenangnya perahu di atas air. Perahu jika tidak diberi beban ia akan mudah tergoncang oleh gelombang ombak, berbeda ketika diberi beban yang justru membuat perahu tidak mudah oleng. 

Fungsi gunung juga disebutkan dalam Al-Qur’an surah Al-Anbiya ayat 31. Berikut adalah bacaan arab dan arti dari ayat yang dimaksud.

وَجَعَلْنَا فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِهِمْۖ وَجَعَلْنَا فِيْهَا فِجَاجًا سُبُلًا لَّعَلَّهُمْ يَهْتَدُوْنَ. 

Artinya: “Dan Kami telah menjadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh agar ia (tidak) guncang bersama mereka, dan Kami jadikan (pula) di sana jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.”

Berdasarkan tafsir Tahlili, dalam ayat ini Allah menerangkan bahwa diciptakannya gunung-gunung yang kokoh supaya bumi dalam putarannya yang cepat sekali itu tetap mantap dengan terpelihara dan terjaganya manusia dan semua makhluk di muka bumi ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Gunung Sebagai Pasak Bumi

Dalam ayat lain disebutkan bahwa gunung berfungsi sebagai pasak bumi. Ayat yang menjelaskan tentang ini terdapat dalam surah An-Naba, tepatnya pada ayat ketujuh.

وَّالْجِبَالَ اَوْتَادًاۖ

Artinya: “Dan gunung-gunung sebagai pasak?

Menurut Tafsir Tahlili, ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT menjadikan gunung-gunung sebagai pasak untuk mengokohkan bumi, sehingga tidak bergoyang karena guncangan-guncangan yang ada di bawahnya.

Wallahu’alam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS