Sukses

Perhatian Allah SWT kepada Hamba yang Bersabar

Melibatkan Allah SWT dalam segala hal, termasuk menahan diri dari segala cobaan, rintangan, juga keinginan dan berserah diri kepada-Nya merupakan sebuah perbuatan yang dapat kita sebut sebagai sabar.

Liputan6.com, Kulonprogo - Melibatkan Allah SWT dalam segala hal, termasuk menahan diri dari segala cobaan, rintangan, juga keinginan dan berserah diri kepada-Nya merupakan sebuah perbuatan yang dapat kita sebut sebagai sabar.

Banyak hal yang akan didapat untuk orang yang bersabar, salah satunya adalah ketenangan. Orang sabar akan mendapat ketenangan karena dia dapat mengatasi suatu masalah atau cobaan dengan kepala dingin, tanpa tergesa-gesa. Hingga pada akhirnya ia dapat menyelesaikan masalah itu tanpa harus memberatkan diri sendiri ataupun orang lain.

Sabar merupakan sikap terpuji yang langsung dicontohkan oleh Rasulullah SAW, terutama saat Ia sedang berdakwah. Kesulitan, tantangan, dan berbagai masalah yang Ia hadapi selalu punuh akan kesabaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada masalah yang bisa diselesaikan dengan ketidaksabaran.

Allah SWT berfirman,

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Dan sungguh akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar.” (QS Al-Baqarah: 155)

Cobaan atau tantangan yang kita temui dalam kehidupan merupakan sebuah ujian dari Allah SWT untuk umatnya dan apabila kita dapat dengan sabar melaluinya maka kita merupakan salah satu orang yang beruntung.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keberuntungan Orang Sabar

Keberuntungan apa yang bisa didapat oleh orang yang sabar?

Mendapatkan cinta Allah SWT. Sebuah keberuntungan yang tidak disangka-sangka karena begitu cintanya Allah SWT kepada hamba yang bersabar. Hal ini seperti apa yang telah disampaikan oleh-Nya dalam Al-Qur’an,

وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Dan Allah menyukai orang-orang yang bersabar.” (QS Ali ‘Imran: 146)

Selain itu, Allah juga menjanjikan kepada orang yang sabar, bahwa ia akan mendapatkan kecukupan pahala yang sempurna.

Allah SWT berfirman,

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS Az-Zumar: 10)

Bersabar murapakan sebuah kunci untuk mendapatkan perhatian dari Allah SWT. Karena pada dasarnya Allah tidak akan mengabaikan hambanya yang bersabar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqarah: 153)

Penulis: Hamzah Setia Al Muhandisyi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.