Sukses

Lesti Kejora Berangkat Umrah, Ketahui Hikmah Besar di Balik Ibadah Umrah

Artis Lesti Kejora berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah di tengah isu dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Rizky Billar.

Liputan6.com, Jakarta - Artis Lesti Kejora berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah di tengah bergulirnya dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Rizky Billar

Lesti Kejora bertolak ke Tanah Suci usai menjalani pemeriksaan lanjutan atas kasus KDRT pada Jumat (7/10/2022). Pemeriksaan lanjutan ini dilakukan di suatu tempat selama satu jam.

“Yang bersangkutan selesai di BAP tambahan baru jalan (pergi umrah)," kata Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi saat dihubungi, Sabtu (8/10/2022).

Di jagat maya video Lesti Kejora saat berangkat umrah viral. Dalam video yang beredar, Lesti bersama keluarganya sedang berada di bandara, diduga akan berangkat ke Tanah Suci.

Dalam video tersebut tampak putra Lesti, Muhammad Leslar Al Fatih yang ikut bersama rombongan. Kemudian Lesti terlihat mengenakan niqab yang menutupi wajahnya sambil menggandeng tangan sang ayah, Endang Mulyana.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hikmah Besar Ibadah Umrah

Terlepas dari kabar Lesti Kejora berangkat umrah, sebagai umat Islam tidak ada salahnya untuk mengetahui hikmah besar ibadah umrah. Bisa jadi suatu saat Allah memanggil untuk berangkat ke Tanah Suci melaksanakan ibadah umrah atau haji.

Muhammad bin al-Hasan dalam al-Firk as-Sami menulis jika memperbincangkan tentang ibadah haji, berarti juga menjadi pembahasan umrah. Ini termasuk juga ketika membicarakan soal hikmah dari melaksanakan ibadah tersebut.

وما قيل في الحج يقال في العمرة؛ لأنها قرنت به في كتاب الله  

Artinya: “Apa pun yang dibincangkan tentang haji, juga menjadi pembahasan ibadah umrah, sebab di dalam Al-Qur’an keduanya bersanding sangat dekat.” 

Mengutip laman NU Online, ulama kelahiran 1291 itu dalam kitab yang sama menulis hikmah besar dari ibadah haji dan umrah. Menurutnya, kedua ibadah tersebut dapat mempersatukan umat Islam di seluruh dunia.

ومن حكمته الاجتماع والائتلاف والتعارف بين الأمم الإسلامية، وتفقُّد أحوال بعضهم، واقتباس العلوم والمتاجر وغير ذلك، فهو من المصالح الاجتماعية والدينية معًا   

Artinya: “Di antara hikmah haji (dan umrah), yakni terciptanya sebuah perkumpulan besar (dari segala penjuru dunia), lahirnya sebuah persatuan dan keakraban di antara seluruh umat Islam, juga dengan haji dan umrah sebagian umat dapat mengetahui kondisi sebagian yang lain. 

Selain itu, mereka berkesempatan meregup banyak ilmu dan peluang bisnis yang terbuka lebar, dan seterusnya. Haji dan umrah menjanjikan dua kemaslahatan besar; kemaslahatan sosial dan spirital secara bersamaan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.